Tips Kecantikan & Kesehatan
May 30, 2014

Posted by in Tips Kesehatan

Mengenal Kesehatan Mental

Tips Kecantikan Mengenal Kesehatan Mental

Kesehatan Mental – Mental merupakan istilah yang berasal dari bahasa yunani yang berarti kejiwaan sedangkan dalam bahasa latin disebut psyice atau psikis.

Secara keseluruhan kesehatan mental merupakan sebuah konsep kata-kata yang disebut sebagai mental hygiene. Dengan demikian, istilah kesehatan mental sendiri dapat diartikan sebagai kejiwaan atau psikis yang sehat.

Ketika seseorang memiliki kesehatan mental yang baik, maka ia tidak akan mudah tergoyahkan oleh berbagai masalah yang berpotensi menimbulkan stress atau kelelahan mental. Kesehatan mental terjadi apabila kondisi lingkungan sekitar seseorang dan kondisi pikirannya sedang baik, atau seeorang memang memiliki tingkat kesehatan mental yang sudah baik sehingga ia bisa mengendalikan banyak masalah yang timbul dalam dirinya.

Kesehatan mental sendiri memang tidak bisa dilepaskan dari peran lingkungan, dan bagaimana seseorang mampu berhubungan dengan orang lain. Ketika ia dapat berhubungan baik dengan lingkungan sekitarnya, maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut memiliki kesehatan mental yang bagus.

Tetapi kita juga tidak bisa secara langsung menilai baik atau tidaknya kesehatan mental seseorang ketika dia mulai memasuki lingkungan yang baru. Sebagai contoh ketika seseorang berasal dari daerah perkotaan kemudian dia pindah ke desa, mungkin saja dia tidak langsung apat berhubungan dengan penduduk sekitar. Hal ini karena tingkat individualistis yang ada di kota sangat tinggi, dan membutuhkan waktu yang lama bagi orang tersebut untuk menyesuaikan diri dengan kondisi pedesaan.

Mengenal Masalah Kesehatan Mental

Masalah kesehatan mental memang sangat mudah ditemui saat ini, secara umum sebab timbulnya masalah kesehatan mental adalah sebagai berikut,

- Tipe berpikir yang berbeda-beda dalam melihat masalah.

- Tipe berpikir yang berbeda ketika melihat orang lain dan diri sendiri.

- Tipe berpikir yang berbeda ketika mengambil keputusan.

Melalui ketiga hal tersebut, setiap orang bisa mempunyai masalah dalam kesehatan mental. Setiap orang pasti mengalami masalah kesehatan mental dan diperlukan koordinasi kejiwaan, akal, serta pikiran yang selaras dalam mengatasinya. Dengan koordinasi yang baik tersebut, maka seseorang akan mampu melakukan penyesuaian diri terhadap masalah, mengoptimalkan potensi diri secara maksimal, dan membahagiakan diri sendiri serta orang lain.

Ketika semua itu sudah tercapai maka dapat disimpulkan bahwa seseorang berhasil dalam membangun kesehatan mental dengan baik.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» gambar kesehatan mental » tips kesehatan mental
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan