Tampil cantik dan segar dikala hamil, sah-sah saja donk.. ­čÖé karena hal ini dapat ibu hamil lakukan dengan cara memilih kosmetik yang aman untuk janin tentunya. Hal yang wajib diperhatikan oleh para Ibu hamil (bumil) yang ingin tetap tampil cantik dan segar, gunakan kosmetik yang aman. Berbagai produk kosmetik, tak lepas mengandung bahan kimiawi. Meski sejauh ini efek didalam kosmetik dan perawatan kecantikan pada ibu hamil dan terhadap janin belum diteliti secara pasti.

Akan tetapi, kebanyakan dari para dokter  menyarankan pada ibu hamil supaya tidak dengan sembarang menggunakan produk berbahan kimia, paling tidak pada trimester pertama. Mengapa? Karena di masa awal kehamilan adalah periode awal tumbuh kembang janin, di mana terjadi pembelahan sel yang sangat cepat. Alhasil, jika ada zat asing berupa bahan kimia berbahaya terserap melalui pori-pori kulit dan mencapai aliran darah, maka hal ini dapat mengganggu pertumbuhan janin.

Berikut ini adalah hal-hal yang wajib diperhatikan dalam memilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil yaitu:

  • Konsultasikanlah kepada dokter kandungan dan dokter spesialis kulit terkait dengan produk kosmetik yang saat ini dipakai oleh anda. ┬áSerta tanyakan kembali apakah produk kosmetik anda tersebut masih aman digunakan saat hamil atau sebaliknya. Bila tidak, dengan segera ganti kosmetik sesuai rekomendasi para ahli khusus untuk ibu hamil.
  • Perhatikanlah tata cara penggunaan produk yang terdapat didalam kemasan.
  • Pilihlah produk kosmetik berbahan dasar air yaitu produk alami yang berlabel green (produk hijau) yang umumnya aman untuk ibu hamil.
  • Pilih produk yang terdaftar di Kementrian Kesehatan atau Badan POM.
  • Perhatikan dengan seksama nomor kode produksi dan tanggal kadaluwarsanya. dan pastikan merek serta kandungan dalam kosmetik, dan izin produksinya jelas dan aman untuk ibu hamil.
  • Jangan membeli produk kosmetik hanya karena sedang nge tren atau ikut-ikutan orang lain.
  • Gunakan kosmetik secukupnya, karena kosmetik yang selama ini digunakan oleh ibu hamil belum tentu juga cocok dipakai saat hamil. Efek yang timbul bisa dengan ┬ámuncul reaksi alergi. Jika ada timbul reaksi seperti gatal, terasa panas dikulit wajah, ┬áperubahan pada warna kulit, segera hentikan penggunaannya dan segera konsultasikan hal ini pada dokter.