MANFAAT TEH HIJAU UNTUK MENCEGAH KANKER

Menurut para ilmuwan, mengkonsumsi teh ( Camellia sinensis ) sangan bermanfaat untuk tubuh. Berdasarkan penelitian, teh mengandung berbagai senyawa polifenol yang berpotensi meningkatkan kesehatan dan mencegah berbagai penyakit, termasuk mengurangi resiko jantung koroner dan penyakit kanker.

Ada 2 jenis teh hasil olahan, yaitu Teh Hijau dan Teh Hitam. Tetapi teh hitam lebih dikenal dan lebih sering dikonsulsi masyarakat.

Perbedaan Teh Hijau dan Teh Hitam dipengaruhi oleh proses pengolahannya. Pada Teh Hijau, pengolahan dimulai dengan pemetikan daun dan sesegera mungkin dipanaskan dengan uap untuk menonaktifkan enzim dan mencegah proses fermentasi pada daun, setelah itu baru dikeringkan. Teh Hijau memiliki kandungan epikatekin sebagai komponen utama polifenol, yang membentuk aroma dan karateristik dari Teh Hijau. Sedangkan pada Teh Hitam, setelah dipetik, daun dibiarkan menjadi layu dan kadar air mencapai 55%, sehingga terjadi pemekatan polifenol di dalam daun teh. Kemudian daun dihancurkan untuk memulai proses fermentasi dari senyawa-senyawa polifenol.

Kandungan polifenol pada Teh Hijau lebih berperan untuk mencegah kenker dibandingkan dengan Teh Hitam. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol Teh Hijau lebih unggul dari Teh Hitam. ?Berdasarkan penelitian, polifenol berkhasiat mencegah kanker yang ditimbulkan oleh zat-zat kimia pemice kanker ( karsinogen ) dan kanker kulit yang disebabkan oleh radiasi sinar UV.

Selain itu, Teh Hijau juga bermanfaat untuk kecantikan dan mencegah penuaan dini pada kulit. Oleh sebab itu, Teh Hijau tidak hanya ditambahkan pada produk-produk minuman, tetapi juga ditambahkan pada produk kosmetik seperti body lotion, sabun mandi, shampoo dan lain-lain.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» khasiat teh hijau