Tips Kecantikan & Kesehatan
Jun 5, 2012

Posted by in Tips Kesehatan

Tips Mengatasi Hipertensi

Tips Kecantikan Tips Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang bisa saja diderita siapa pun. Juga merupakan salah satu faktor dari penyakit-penyakit lainnya seperti stroke, serangan jantung dan gagal ginjal.

Tetapi, bukan berarti Anda tidak bisa mencegah dan mengendalikan penyakit hipertensi ini.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah datangnya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi

  • Kurangilah konsumsi garam dalam makanan Anda. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung gar seperti fastfood.
  • Kurangi minum minuman atau makanan beralkohol. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi alkohol secara berlebihan. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang diijinkan maksimal 30 ml alkohol per hari sedangkan wanita 15 ml per hari.
  • Olahraga ringan secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang.
  • Latihan olah napas dan bermeditasi, seperti yoga atau taichi efektif untuk menurunkan hormon stres. Tingginya hormon stres akan meningkatkan renin, enzim ginjal yang bisa menaikkan tekanan darah. Lakukan latihan napas minimal 5 menit pada pagi dan malam hari. Menarik napas dalam juga akan mengendurkan semua tensi.Juga akan membantu mengurangi stres.
  • Berhentilah merokok. Rokok sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Konsumsi makanan yang mengandung potasium. Sumber potasium terbaik antara lain kentang, tomat, orange juice, pisang, kacang-kacangan, belewah, melon, serta buah yang dikeringkan, seperti kismis.
  • Kurangi asupan gula Anda agar gula darah anda juga terkontrol.

Selain itu, konsultasikanlah kepada dokter tentang penyakit hipertensi Anda.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» mencegah hipertensi » mengatasi hipertensi
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
  1. cocok nih buat my mom yang "darting"

  2. Mengurangi konsumsi garam adalah solusi yg tepat, bila penyakit hipertensi kita dikarenakan kelebihan konsumsi garam yang kandungan sodium/natriumnya tinggi. Tetapi ada solusi…ada garam yang kandungan sodiumnya rendah..jadi aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi, dokter juga menyarankan menggunakan garam jenis ini untuk penderita hipertensi…

Leave a Reply

Tips Kecantikan