Tips Kecantikan & Kesehatan
Jan 22, 2014

Posted by in Tips Kesehatan Wanita

Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan Bayi

Tips Kecantikan Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan Bayi

Melahirkan Bayi – Setiap ibu; terutama mereka yang baru menghadapi pengalaman melahirkan bayi untuk pertama kalinya sering kali merasa takut untuk menghadapi saat – saat ini.

Namun, meski melahirkan bukanlah perkara yang sederhana dan sangat menyakitkan, setiap ibu dituntut siap untuk menghadapi serta mengatasi semua rasa sakit yang ditakuti saat melahirkan.

Berikut beberapa tips yang bisa membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan bayi:

1. Belajar Mengontrol Rasa Takut

Rasa takut adalah suatu yang wajar dirasakan oleh setiap ibu yang akan menghadapi persalinan. Tapi, tentu saja ibu tidak boleh merasa takut berlebihan agar tidak berpengaruh banyak terhadap proses persalinan dan tidak membuatnya menjadi lebih terasa sakit. Pada saat melahirkan, sistem saraf tubuh dan hormon oksitosin pada ibu akan bekerja sinergis dengan otot rahim.

Apabila ibu merasa takut berlebihan, maka akan meningkatkan hormon adrenalin dan sebaliknya menurunkan sirkulasi sitoksin. Dengan demikian, otot rahim akan tegang dan proses persalinan akan semakin lama dan juga menyakitkan. Oleh karena itu, sebaiknya ibu belajar mengontrol rasa takut sebelum dan selama persalinan. Cari informasi yang cukup untuk belajar mengontrol rasa takut serta minta dukungan dari suami dan keluarga terdekat agar rasa takut bisa berkurang.

2. Rileks dan Tenang

Belajar rileks dan tenang sangat penting dilakukan oleh setiap ibu yang akan melahirkan bayi. Dengan merilekskan semua otot di tubuh ibu dan hanya membiarkan otot rahim yang berkontraksi, maka proses melahirkan akan lebih lancar dan tidak terlalu menyakitkan. Belajar rileks dapat dipelajari selama masa kehamilan melalui senam hamil, yoga, dan sebagainya. Selain itu, ibu juga harus tenang dan mendapatkan dukungan kasih sayang dari suami serta keluarga. Ibu yang merasa tenang dapat memproduksi hormon endorphin yang berfungsi mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman saat melahirkan.

3. Pilih Dokter atau Bidan yang Tepat

Dokter atau bidan yang ibu pilih sebagai orang yang membantu persalinan akan berpengaruh besar dalam menentukan kelancaran persalinan. Jika ibu sudah bertekad untuk melahirkan secara normal maka pilihlah dokter atau bidan ibu dapat mendukungnya dengan baik. Hal ini akan terlihat sejak saat ibu konsultasi kehamilan dengan mereka. Mereka yang mendukung persalinan normal tentu akan memberikan ibu nasehat – nasehat serta tips – tips agar persalinan menjadi lebih lancar dan normal. Bukan sebaliknya yang mendeskripsikan sulit serta sakitnya melahirkan bayi secara normal.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» tips melahirkan lancar » cara menghadapi persalinan agar lancar » tips menghadapi persalinan pertama
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan