Tips Kecantikan & Kesehatan
Apr 12, 2012

Posted by in Tips Kesehatan Wanita

Tips Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil Muda

Tips Kecantikan Tips Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil Muda

 Apa itu morning Sickness..??

Morning sickness adalah rasa pening, mual dan muntah-muntah yang biasanya terjadi di pagi hingga siang hari pada ibu hamil muda (Tri Semester Pertama) dan hal ini sangat menyulitkan bagi ibu hamil muda. Pada beberapa kasus, gejala morning sickness bahkan berlanjut hingga sepanjang hari. Lama dan derajat  morning sickness  berbeda pada setiap wanita hamil muda, ada yang tidak terlalu merasakan apa-apa, kalau istilah ibu-ibu hamilnya ngebo. Tapi ada juga yang merasa mual dan bahkan ada yang merasa sangat mual dan muntah setiap saat sehingga memerlukan bantuan  medis. Malah ada yang harus sampai bedrest.

Penyebab dari morning sickness yang pasti sampai saat tidak diketahui. Tapi para dokter memperkirakan bahwa peningkatan hormon progesterone (hormon kehamilan) kemungkinan sebagai penyebabnya atau pemicunya.

Hormon progesteron membuat otot-otot menjadi lemas agar memudahkan perlekatan embrio, tapi berefek memperlambat kerja lambung dan pencernaan yang mengakibatkan asam lambung berlebih karena tidak diimbangi pergerakan sistem pencernaan dalam mengangkut makanan. Asam lambung  yang berlebih inilah yang membuat rasa mual dan ingin muntah pada ibu hamil muda.

Kemungkinan lain adalah karena meningkatnya serum hCG (human chorionic gonadotopin) dalam tubuh. Serum hCG ini diproduksi oleh tubuh setelah terjadinya perlekatan embrio dan terus meningkat kadarnya hingga minggu ke-12 kehamilan. Itulah sebabnya mengapa pada kebanyakan ibu hamil muda, “morning sickness” menghilang setelah minggu ke-12 (Tri Semester ke Empat).

Beberapa Cara Mengatasi Morning Sickness Hamil Muda

Beberapa dokter memberikan vitamin B6 dan multivitamin untuk meringankan gejala “morning pemberian vitamin dan pengurangan “morning sickness”. Suplemen vitamin tampaknya hanya bertujuan agar ibu hamil muda tidak kekurangan vitamin akibat berkurangnya selera makan dan muntah-muntah.

Ibu hamil muda disarankan untuk beristirahat, minum, dan makan makanan kecil sebagai pengimbang untuk mengatasi “morning sickness”. Makanan berkarbohidrat yang ringan, seperti keripik kentang, biskuit sayur, atau biskuit beraroma lemon yang akan membuat rasa mual menghilang. Makanan ini kaya akan gula penghasil energi, serta kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Disarankan pula untuk meminum air jeruk manis. Kombinasi asin-asam ini bisa mengenyahkan rasa mual. Beberapa ibu  bahkan ada yang suka mengunyah permen asam atau permen jahe untuk mengurangi rasa mual tersebut.

Menghirup Minyak lavender atau minyak lemon saat merasa mual atau usapkan sedikit pada pergelangan  tangan karena aroma therapi dapat membuat rileks.

Usahakan tidak minum dan makan secara bersamaan pada  saat makan. Kadang-kadang mual bisa dihindari dengan mengganti minuman dengan makanan. Atau, minumlah satu jam sebelum atau sesudah makan.

Ketika bangun tidur pagi hari jangan langsung buru-buru terbangun, cobalah duduk dahulu dan reileks  dan perlahan berdiri bangun. Bila terasa sangat mual saat bangun tidur pagi persiapkan makanan kecil (snack) atau biscuit di dekat tempat tidur, dan dapat memakannya dahulu sebelum mencoba untuk berdiri.

Perlu juga bersikap positif tentang cara mengatasi mual dan muntah itu. Bekali diri dengan membaca buku2 tentang pengetahuan seputar. Kenali, kapan saja mengalami gejala2 mual mual tersebut. Jika perlu, catatlah saat saat kapan mengalaminya sehingga mudah diantisipasi jika gejala muncul berulang. Hindari hal-hal yang dapat memicu mual, seperti aroma makanan atau minuman tertentu yang terlalu tajam.

Istirahat dan relaks sangat membantu mengatasi rasa mual muntah pada ibu hamil muda. Karena  stress hanya akan memperburuk rasa mual. Cobalah beristirahat cukup dan santai, dengarkan musik, membaca buku bayi atau majalah dll.

Meski  terasa berat, berusahalah untuk tidak terlalu memanjakan diri saat mengalami morning sickness pada ibu hamil muda. Istirahat cukup dan coba bangun lebih pagi sehingga punya waktu bersiap-siap, dan tidak terburu-buru ke kantor atau melakukan aktivitas sehari hari. Dengan demikian, jadi punya waktu lebih untuk punya mood yang positif.

Kehamilan adalah saat yang membahagiakan, terlebih untuk ibu yang sangat mendambakan kehadiran buah hati  karena ini adalah anugerahNya dan akan merasakan sejuta kebahagiaan begitu menatap mahkluk mungil itu hadir di tengah keluarga. Jadi rasa morning sickness pada masa hamil muda bukan suatu kendala  .. berbahagialah….karena kita dipercaya untuk memiliki momongan….

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» morning sickness pada ibu hamil » kesehatan ibu hamil muda » cara mengatasi morning sickness
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
  1. sebenarnya kadggk mau dimanjain tp memg gk sanggup untuk berdiri……karena pusig n mual…….

  2. Penderitaan sewaktu hamil akan terbayar dengan kehadiran makhluk mungil di tengah keluarga….berbahagialah………

  3. berbahagialah krna kt dprcya mmlliki momongan.

Leave a Reply

Tips Kecantikan