Tips Kecantikan & Kesehatan
Apr 18, 2012

Posted by in Tips Kesehatan Wanita

Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Tips Kecantikan Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Hampir semua bunda yang hamil akan mengalami kaki bengkak, hal ini disebabkan karena adanya proses adaptasi atau penyesuaian tubuh ibu terhadap kehamilan. Penyebab kaki bengkak ini adalah peningkatan kadar garam atau natrium dalam tubuh ibu hamil. Garam atau natrium ini bersifat menahan cairan.

Berbeda dari bunda yang satu dengan yang lain, kaki bengkak sering dialami oleh bunda hamil pada trimester ke dua dan trimester ketiga, namun bisa juga kaki bengkak terjadi pada trimester pertama.

Lantas apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi kaki bengkak pada saat hamil

  • Istirahat teratur, sisihkan sedikit waktu anda minimal 15 menit dan biarkan tubuh anda dalam kondisi rileks.
  • Agar kaki tetap cantik, bunda bisa merendam kaki di air hangat yang dicampur garam dan jeruk nipis, kemudian pijat menggunakan baby oil.
  • Setiap pagi dan sore rajin minum air rebusan kacang hijau. Air rebusan kacang hijau yang pertama mendidih kita minum dalam keadaan hangat-hangat kuku dan tidak perlu di tambahin apapun.
  • Rajin jalan santai di pagi hari minimal 30 menit tanpa menggunakan alas kaki biar pijatan saat kita jalan santai di pagi hari bisa maksimal. Karena pijatan saat kita jalan di pagi hari membantu melancarkan peredaran darah terutama peredaran darah yang di kaki.
  • Setiap mau tidur jangan lupa gerakkan pergelangan kaki 3×9 putaran baik arah kekanan dan ke arah kiri secara bergantian. Gerakan memutar ini kita lakukan dengan pelan dan hati-hati biar kaki kita tidak terkilir atau cidera. Manfaat dari gerakan ini supaya kaki kita rileks.
  • Kalau tidur kasih penyanggah kaki biar posisi kaki lebih tinggi dari kepala. Penyangga kaki bisa kita pakai bantal tumpuk 2 atau 3 bantal. Pokoknya posisi kaki lebih tinggi dari kepala kita saat tidur. Hal tersebut bisa membantu supaya peredaran darah di kaki bisa lancar.
  • Kurangi mengkonsumsi garam
  • Jangan berdiri atau duduk terlalu lama.

Selamat mencoba… Semoga bermanfaat…. Bye bye kaki bengkak gambar icon wink

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» penyebab kaki bengkak saat hamil » penyebab kaki bengkak pada wanita hamil » hamil kaki bengkak
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan