Tips Kecantikan & Kesehatan
Jun 30, 2017

Posted in Tips Kesehatan Wanita

Senam Ibu Hamil Yang Dianjurkan

Tips Kecantikan

Cara senam ibu hamil yang benar bisa mempengaruhi peruses persalinan nantinya, apakah prosesnya itu menjadi mudah atau justru sulit. Bagi anda ibu yang sedang hamil tentu berharap saat kelahiran nanti bisa dengan lancar. Senam ibu hamil juga bermanfaat sebagai metode untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit selama menjalani proses kehamilan.

Kesehatan ibu yang hamil juga enjadi factor yang utama sebagai fase untuk mendapatkan bayi yang nanti sehat pula. Sebelumnya kita pahami terlebih dahulu apa itu Senam hamil, merupakan senam sebagai bentuk latihan guna memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot-otot dinding perut, ligament-ligament, otot dasar panggul yang berhubungan dengan proses persalinan.

Senam ibu hamil yang sangat di anjurkan adalah :

1. Senam Aerobik

Merupakan aktivitas senam berirama, berulang dan cukup melelahkan, dan gerakan yang disarankan untuk ibu hamil adalah jalan-jalan.

Manfaat:Meningkatkan kebutuhan oksigen dalam otot, Merangsang paru-paru dan jantung juga kegiatan otot dan sendi, Secara umum menghasilkan perubahan pada keseluruhan tubuh terutama kemampuan untuk memproses dan menggunakan oksigen, Meningkatkan peredaran darah, Meningkatkan kebugaran dun kekuatan otot, Meredakan sakit punggung dan sembelit, Memperlancar persalinan, Membakar kalori (membuat ibu dapat lebih banyak makan makanan sehat), Mengurangi keletihan, Menjanjikan bentuk tubuh yang baik setelah melahirkan.

Tips Kecantikan

2. Kalistenik

Latihan berupa gerakan-gerakan senam ringan berirama yang dapat membugarkan dan mengembangkan otot-otot serta dapat memperbaiki bentuk postur tubuh.

Manfaat: Meredakan sakit punggung, Meningkatkan kesiapan fisik dan mental terutama mempersiapkan tubuh dalam menghadapi masa persalinan.

3. Relaksasi

Merupakan latihan pernafasan dan pemusatan perhatian. Latihan ini bisa dikombinasikan dengan latihan kalistenik. Manfaat: Menenangkan pikiran dan tubuh. Membantu ibu menyimpan energi untuk ibu siap menghadapi persalinan.

4. Kebugaran Panggul (biasa disebut latihan kegel)

Manfaat: Menguatkan otot-otot vagina dan sekitarnya (perineal) sebagai persiapan untuk persalinan, Mempersiapkan diri baik fisik maupun mental.

Demi kenyaman saat hamil, kesehatan, dan kemudahan saat persalinan sudah semestinya mencoba beberapa senam di atas karena juga tida beresiko, namun jangan lupa tetap lakukan konsultasi dengan bidan andalan anda. Agar lebih yakin dan tenang. Selamat mencoba !

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>