Tips Kecantikan & Kesehatan
Apr 9, 2012

Posted in Tips Kesehatan Wanita

Nutrisi Penting Pada Makanan Wanita Hamil

Tips Kecantikan Nutrisi Penting Pada Makanan Wanita Hamil

Wanita hamil membutuhkan makanan yang bergizi bagi kesehatan dan perkembangan bayi yang dikandungnya. Makanan wanita hamil harus mengandung nutrisi-nutrisi yang penting selama proses kehamilan. Selain itu pula untuk tetap menjaga kebugaran wanita hamil agar cukup persiapan pada selama proses kehamilan dan melahirkan nantinya.

Nutrisi yang penting terdapat pada makanan wanita hamil, antara lain:

  • Protein

    Protein amat penting peranannya bagi produksi sel-sel darah. Selain itu juga penting dalam pembentukan kulit, rambut, otot, serta kuku. Contoh makanan bagi wanita hamil yang mengandung protein adalah tahu, tempe, biji-bijian, susu, telur, keju, ikan, dan daging.

  • Karbohidrat dan Lemak

    Tubuh memerlukan energi untuk beraktifitas sehari-hari. Wanita hamil memerlukan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga. Zat karbohidrat terkandung dalam serealia (beras, gandum, dan sebagainya) dan umbi-umbian (kentang, ketela, ubi, dan sebagainya). Lemak terkandung dalam daging, susu, dan keju.

  • Kalsium

    Fungsi Kalsium bagi wanita hamil yaitu penting dalam membantu pertumbuhan bayi, yakni pertumbuhan tulang dan gigi, serta mencukupi kebutuhan kalsium ibu hamil. Jika kebutuhan kalsium janin tidak tercukupi maka ia akan mengambilnya dari tulang si ibu. Kalsium penting bagi wanita hamil karena akan melindunginya dari osteoporosis atau kekurangan kalsium. Gejala kekurangan kalsium antara lain gigi rapuh dan mudah rusak, serta sakit pada tulang belakang. Wanita hamil dapat memperoleh zat kalsium dari sayuran hijau, kacang-kacangan, serta susu. Susu mengandung protein, kalsium, lemak, zat besi, fosfat, potassium, sodium, serta vitamin C.

  • Zat besi

    Zat besi penting bagi wanita hamil untuk membantu produksi sel-sel darah merah, sehingga wanita hamil dapat terhindar dari anemia. Zat besi banyak terkandung dalam sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, daun papaya, dan daun singkong, serta daging dan hati.

  • Asam folat

    Asam folat amat dibutuhkan oleh wanita hamil untuk perkembangan system saraf dan sel darah. Wanita hamil yang kekurangan asam folat akan besar resikonya mengalami keguguran atau dapat mengganggu pembentukan otak, sampai cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak janin. Asam folat banyak terkandung pada sayuran berwarna hijau gelap (bayam, brokoli, dan kembang kol), serta buah-buahan (jeruk, wortel, pisang, dan tomat). Kebutuhan wanita hamil kan asam folat adalah 800 mcg per hari, terutama masa 12 minggu pertama kehamilan.

  • Vitamin. Beberapa vitamin yang penting bagi wanita hamil yaitu:

  1. Vitamin B kompleks. Vitamin ini berguna bagi wanita hamil untuk menjaga sistem saraf, otot dan jantung sehingga dapat berungsi secara normal. Vitamin ini terkandung pada serealia, kacang-kacangan, biji – bijian, ragi, sayuran hijau, telur dan susu.
  2. Vitamin D. Vitamin ini berfungsi dalam pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi. Vitamin ini terkandung pada minyak hati ikan, kuning telur dan susu.
  3. Vitamin E. Vitamin iniberperan dalam pembentukan sel darah merah yang sehat. Sebaiknya wanita hamil mengkonsumsi biji-bijian terutama gandum, kacang-kacangan, minyak sayur dan sayuran hijau, agar kebutuhan akan vitamin E terpenuhi.

Kebutuhan gizi dan nutrisi bagi wanita hamil akan meningkat seiring bertambahnya usia kandungan, terutama pada masa trismester kedua usia kehamilan. Pada masa itu, janin mengalami pertumbuhan yang pesat terutama perkembangan susunan syaraf dan otaknya. Dengan demikian, wanita hamil membutuhkan asupan gizi yang optimal agar dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu dan bayi yang dikandungnya.

Tips Kecantikan
Hasil pencarian artikel ini dengan:
» Ibu hamil » gizi ibu hamil » makanan wanita hamil
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>