Tips Kecantikan & Kesehatan
Apr 19, 2012

Posted by in Tips Kesehatan Wanita

Mitos – Mitos Wanita Hamil

Tips Kecantikan Mitos – Mitos Wanita Hamil

Wanita hamil pernah mengalami resah karena mitos-mitos tentang kehamilan. Hal tersebut tidak perlu dirisaukan sebelum mengetahui kebenarannya.

Beberapa mitos yang ada justru mungkin bisa jadi menyebabkan lemahnya kondisi si ibu dalam proses kehamilannya atau bahkan si janin, bukankah kita menginginkan si buah hati yang sehat dan kuat bukan?

Berikut ini beberapa mitos – mitos tentang kehamilan dan faktanya :

Mitos : Wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi teh dan kopi.

Fakta : Tidak benar. Jika hanya satu cangkir sehari masih diperbolehkan. Jika berlebihan kafein dapat meningkatkan tekanan darah yang berbahaya bagi ibu dan janinnya.

Mitos : Berolah raga tidak perlu selama hamil karena akan menimbulkan kelelahan dan berbahaya bagi janin.

Fakta : Tidak benar. Olah raga yang tepat akan bermanfaat bagi wanita hamil dan dapat meredakan sakit punggung, mencegah sembelit dan varises, membuat tubuh bugar dan perasaan nyaman, membuat persalinan lebih cepat dan mudah serta membuat bentuk fisik tetap baik setelah melahirkan.

Mitos : Selama hamil ibu dapat makan dan minum sesukanya.

Fakta : Tidak benar. Usahakan wanita hamil hanya makanan dan minuman yang bergizi yang dikonsumsi untuk perkembangan maksimal bayi dan menghindari kenaikan berat badan berlebihan. Hindari karbohidrat, lemak, gula dan garam berlebihan.

Mitos : Hubungan seks berbahaya selama kehamilan.

Fakta : Tidak benar. Selama kehamilan normal, sehat dan tidak beresiko tinggi, hubungan seks boleh dilakukan.

Mitos : Kurang bergerak akan membuat janin dalam posisi sungsang.

Fakta : Tidak benar. Posisi sungsang antara lain disebabkan oleh letak ari-ari dibawah (placenta previa), adanya tumor dijalan lahir, lilitan tali pusat, panggul sempit dan bentuk kepala bayi yang tidak sesuai dengan rongga panggul.

Tips Menghadapi mitos – mitos wanita hamil adalah :

  • Tidak langsung mempercayainya. Buktikan kebenarannya dengan bertanya pada dokter, membaca buku atau bertanya pada orang yang lebih berpengalaman.
  • Banyak membaca di waktu luang semasa hamil juga dapat membuat wanita hamil lebih tenang menghadapi berbagai mitos karena jawabannya telah diketahui.
  • Jika wanita hamil bertanya kepada orang-orang terdekat (ibu, kakak, atau sahabat) namun jawabannya tidak sesuai dengan kondisi, tidak perlu khawatir karena setiap kehamilan memiliki perkembangan, kondisi dan keunikan sendiri-sendiri.

Semoga fakta dan tips tersebut diatas dapat bermanfaat dan dapat membantu wanita hamil selama masa kehamilan berlangsung sampai masa kelahiran si buah hati dengan tenang dan senang hati.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» kaki bengkak pada ibu hamil » mitos ibu hamil » kecantikan ibu hamil menurut mitos
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
  1. so important for they are pregnant

  2. Iin Indrawati says:

    walaupun ini hamil yg kedua tp dag dig dug jg… thanks y for reference and tips nya…

Leave a Reply

Tips Kecantikan