Tips Kecantikan & Kesehatan
Oct 4, 2012

Posted in Tips Kesehatan Wanita

Mengenali Penyebab Haid Tidak Teratur & Cara Mencegahnya

Tips Kecantikan Mengenali Penyebab Haid Tidak Teratur & Cara Mencegahnya

Haid tidak teratur adalah sesuatu yang umumnya terjadi pada wanita remaja maupun dewasa.

Siklus haid pada umumnya terjadi secara teratur selama 2-7 hari (lama pendarahan), dengan jarak waktu kurang lebih 28 hari ke haid berikutnya.

Apabila siklus haid tidak berjalan sebagaimana mestinya maka bisa dianggap siklus haid anda tidak normal.

Tips Kecantikan

Berikut ini adalah penyebab mengapa siklus haid berjalan tidak teratur seperti siklus haid pada wanita normal.

  1. Keadaan setelah melahirkan. Biasanya para wanita yang baru saja melahirkan dan selesai masa nifas, mengalami siklus haid tidak teratur selama beberapa bulan. Hal ini umum terjadi dan bukanlah suatu masalah yang perlu penanganan dokter.
  2. Keadaan sebelum menopause atau di sebut juga peri-menopause. Kondisi ini terjadi pada wanita yang telah berusia diatas 45 tahun. Siklus haid yang tidak teratur selama masa-masa sebelum menopause adalah hal yang wajar. Namun, apabila terjadi pendarahan setelah masa menopause, maka pendarahan inilah yang harus di selidiki apa penyebabnya.
  3. Penggunaan alat kontrasepsi. Penggunaan obat-obatan KB juga salah satu pemicu siklus menstruasi yang tidak teratur. Apalagi jika pemberian suntikan KB yang di lakukan setelah melahirkan.
  4. Faktor berat badan. Naik atau turunnya berat badan secara drastis dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur, dikarenakan pada saat adanya perubahan berat badan memunjukkan adanya gangguan pada kelenjar tiroid dam hal ini memerlukan penanganan yang serius dari dokter karena bisa saja hal ini di sebabkan oleh gangguan makan seperti penyakit anoreksia nervosa dan bulimia nervosa.
  5. Gangguan emosional. Stress juga dapat mempengaruhi siklus haid secara tidak teratur, misalnya tertekan ataupun mengaami trauma.

Untuk mencegah agar kita tidak mendapatkan siklus haid yang tidak teratur, maka ada beberapa tips yang bisa kita lakukan, antara lain:

  • Kurangi stress berlebihan dengan istirahat yang cukup di malam hari dan menjaga asupan gizi yang seimbang dengan makan makanan kaya serat seperti buah dan sayur agar badan tetap sehat dan kuat.

Berolah raga secara teratur dan menjaa kebersihan diri agar dapat terhindar dari segala penyakit yang juga mengakibatkan haid tidak teratur pada wanita.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» haid tidak teratur setelah melahirkan » haid setelah melahirkan tidak teratur » penyebab haid tidak teratur pada remaja
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>