Tips Kecantikan & Kesehatan
Feb 27, 2017

Posted in Tips Kesehatan Wanita

Mengenali Gejala Menopause

Tips Kecantikan Mengenali Gejala Menopause

Gejala menopause adalah gejala-gejala yang terjadi sebelum berhentinya siklus menstruasi pada wanita di akhir masa usia subur.

Apabila seorang wanita tidak mengalai menstruasi selama 12 bulan (kecuali ketika masa kehamilan dan masa sebelum pubertas) dapat dikatakan wanita tersebut telah mengalami menopause.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab terjadinya menopause.

  • Faktor usia sebagai penyebab utama terjadinya menopause, menopause rata-rata terjadi pada wanita yang telah berusia diatas 50 tahun. Namun ada beberapa wanita yang mengalami menopause dini di usia 40 tahunan.
  • Faktor pengobatan tertentu, pengobatan medis dan operasi pengangkatan ovariun, kemoterapi maupun terapi radiasi pinggul juga dapat menyebabkan menopause.
  • Faktor kesehatan, kesehatan tubuh juga mempengaruhi waktu menopause, misalnya pada wanita yang merokok akan mengalami gejala menopause beberapa tahun lebih dini dibandingkan wanita yang tidak merokok.
Tips Kecantikan

Menopause yang terjadi secara normal akan dialami seorang wanita dengan cara bertahap, berikut adalah tahap-tahap dalam menopause.

  • Primenopause, adalah masa dimana sebelum terjadinya menopause, ovarium melambat secara perlahan-lahan, haid terjadi tidak teratur. Di masa ini, masih ada kemungkinan untuk hamil karena ovarium masih bisa ber-ovulasi
  • Gejala menopause, setelah menopause mendekat, masa haid akan berubah-ubah, bisa semakin singkat atau semakin lama.
  • Menopause, masa dimana berhentinya siklus menstruasi secara permanen.

Gejala-gejala lain sebelum menopause adalah sebagi berikut.

  • Hot Flashes. Perasaan panas yang kemudian membuat wajah dan leher memerah, munculnya bintik-bintik di dada, punggung dan lengan. Biasanya diikuti oleh keringat yang berlebihan. Cara mengatasnya bisa dnegan menggunakan pakaian yang tipis, olahraga secara teratur dan menggunakan kipas angin
  • Gangguan seks. Produksi hormon esterogen yang menurun memicu vagina menjadi kering dan menimbulkan rasa sakit pada saat behubungan intim. Hal ini merupakan gejala menopause yang normal terjadi.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>