Tips Kecantikan & Kesehatan
Sep 27, 2012

Posted in Tips Kesehatan Wanita

Manfaat & Cara Melakukan Senam Nifas Setelah Melahirkan

Tips Kecantikan Manfaat & Cara Melakukan Senam Nifas Setelah Melahirkan

Senam nifas adalah terapi latihan gerak yang bisa di lakukan oleh para wanita setelah mengalami proses melahirkan. Senam ini bertujuan untuk mengembalikan dan memulihkan kondisi tubuh agar kembali sehat dan bugar.

Gerakan-gerakan pada senam sangat bermanfaat untuk memperbaiki peredaran darah, memperkuat otot bagian pinggul dan perut. Manfaat lainnya adalah memudahkan kembalinya bentuk rahim ke kondisi semula, mencegah komplikasi selama masa nifas, dan menghindari pembengkakan pada kaki yang mengakibatkan timbulnya varises.

Bagi wanita yang mengalami proses melahirkan yang normal (tanpa operasi), sudah mulai bisa melakukan aktivitas 6 jam setelah melahirkan, senam ini dapat lakukan di rumah sakit ataupun di ruang bersalin dan di ulangi ketika sudah sampai di rumah. Senam nifas harus dilakukan secara pelan-pelan dan mengikuti tahapan yang ada, sehingga tubuh tidak jadi tegang dan kaget.

Berikut ini cara melakukan senam nifas selama 6 hari berturut-turut:

  1. Hari pertama, di lakukan dengan cara berbaring dan santai, ambil nafas melalui hidung, tahan nafas selama tiga detik, keluarkan melalui mulut dan di ulangi 5-10 kali. Latihan ini bertujuan untuk memperlancar peredaran darah dan oksigen, sehingga membantu proses pemulihan kondisi tubuh.
  2. Hari kedua, di lakukan dengan cara berbaring terlentang, membuka kedua tangan dan sejajarkaan dengan bahu, tepukkan satu sama lain. Lakukan 5-10 kali. Ini bertujuan agar memulihkan otot-otot lengan.
  3. Hari ketiga, berbaring dengan posisi kedua kaki di tekuk. Kemudian angkat pantat dan tahan selama 3 detik. Lakukan 5-10 kali. Geraakan ini bermanfaat untuk menguatkan kembali otot-otot pinggul yang bekerja keras selama persalinan.
  4. Hari keempat, posisi tubuh terlentang dengan kaki di tekuk, salah satu tangan memegang perut, angkat lah tubuh dan tahan selama 3 detik. Ulangi selama 5-10 kali. Hal ini di tujukan agar menguatkan otot punggung.
  5. Hari kelima, tiduran terlentang, kaki di tekuk, angkat tubuh dan sentuhlah lutut dengan tangan yang berseberangan dengan kaki, misalnya, sentuhlah kaki kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya. Lakukan secara bergantian 5 kali. Latihan ini berguna untuk melatih otot punggung, perut dan paha.

Hari keenam, sikap tubuh berbaring terlentang, tarik kaki lurus ke atas hingga tubuh membentuk sudut 90 derajat. Ulangi 5 kali. Ini bertujuan untuk menguatkan otot kaki yang pada masa kehamilan menyangga beban yang berat, sehingga apabila di biarkan saja tanpa melakukan senam nifas maka bisa menyebabkan varises.

Tips Kecantikan
Hasil pencarian artikel ini dengan:
» senam nifas » senam nifas dan gambarnya » gambar senam nifas
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>