Tips Kecantikan & Kesehatan
Oct 4, 2012

Posted by in Tips Kesehatan Wanita

Macam-Macam Gangguan Menstruasi & Penyebabnya

Tips Kecantikan Macam-Macam Gangguan Menstruasi & Penyebabnya

Gangguan menstruasi adalah beberapa masalah yang bisa terjadi pada wanita.

Penyebabnya bisa dari berbagai faktor seperti kelelahan, kelainan hormonal, adanya penyakit lain dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa contoh gangguan yang terjadi pada wanita saat mengalami siklus menstruasinya.

  • Kelainan di sebabkan karena banyaknya darah dan lamanya waktu haid, gangguan ini di tandai dengan pendarahan yang tidak biasa, bisa lebih lama dari waktu normal atau darah yang keluar lebih banyak dari biasa, atau malah kedua-duanya.
  • Adapun kebalikannya yaitu masa haid yang lebih pendek dan pendarahan yang sangat sedikit. Gangguan menstruasi ini biasanya terjadi karena kurangnya gizi, adanya penyakit menahun ataupun karena faktor hormonal.
  • Tidak datang bulan atau haid selama 3 bulan berturut-turut. Hal ini bisa di sebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, ketidak stabilan emosi / sedang terguncang (mengalami trauma), dan lain-lain.
  • Belum datang bulan sampai memasuki usia 18 tahun. Kelainan ini bisa di sebabkan oleh gangguan pada sistem hrmonal, seperti kekurangan hormon.
  • Pendarahan yang terjadi di luar siklus menstruasi dan tidak ada kaitannya dengan haid. Hal ini bisa di sebabkan oleh kehamilan dan abortus namun bisa juga terjadi karena ada luka dalam yang tidak bisa sembuh, penyakit lain seperti hipertensi dan kelainan darah.
  • Gangguan pre-menstrual tension atau keteangan saat haid. Hal ini terjadi sebelum haid hingga masa menstruasi, terjadi karena hormon progersteron dan esterogen yang tidak seimbang. Gangguan mesntruasi ini biasanya terjadi pada wanita yang berusia diatas 30 tahun hingga 50 tahun. Gejalanya adalah susah tidur,  payudara terasa tegang dan sakit, mual dan muntah, serta gangguan emosional. Ini dapat diatasi dengan melakukan olahraga yang teratur, mengurangi stress dan menghentikan konsumsi alkohol.
  • Rasa tegang pada payudara pada saat haid. Hal ini bisa terjadi dikarenakan hormon esterogen yang meningkat di daerah-daerah reproduksi termasuk payudara.

Sakit dan nyeri pada saat haid yang kemudian menjaar ke daerah paha dan pinggang, kadang di sertai muntah, diare, sakit kepala dan gangguan emosional. Hal ini bisa di sebabkan oleh faktor kelelahan, kurangnya sel darah merah (anemia) maupun sebab-sebab laun yang menyebabkan gangguan menstruasi.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» macam-macam gangguan haid » ciri gangguan menstruasi » tidak haid menahun
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan