Tips Kecantikan & Kesehatan
Apr 17, 2014

Posted in Tips Kesehatan Wanita

Infeksi Saluran Kencing Lebih Mudah Menyerang Wanita

Tips Kecantikan Infeksi Saluran Kencing Lebih Mudah Menyerang Wanita

Infeksi saluran kencing yang biasanya juga di sebut infeksi saluran kemih (ISK), biasa ditandai dengan gejala rasa ingin buang air kecil yang berturut-turut dalam waktu yang singkat dan apabila saat buang air kecil, air seni yang di hasilkan sangat sedikit sekali serta terasa panas, nyeri, menyakitkan dan tidak tuntas (anyeng-anyengan).

Infeksi ini lebih mudah menyerang wanita dibandingkan pria. Ini di sebabkan karena perempuan memiliki saluran kencing yang lebih pendek di bandingkan saluran kencing pria. Saluran kencing yang di sebut urethra, pada wanita memiliki panjang kurang lebih 2 sentimeter – 2,5 sentimeter dari vagina. Lain hal nya dengan pria yang memiliki saluran kencing yang lebih panjang dari wanita, dan pada pria ada yang di sebut prostat yang berfungsi sebagai penghalau dari berbagai kuman.

Selain faktor tersebut, alasan kenapa wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kencing adalah:

Tips Kecantikan

Letak antara saluran kencing, vagina dan dubur pada wanita yang berdekatan. Akibatnya bakteri penyebab infeksi ini yaitu bakteri E coli, bisa dengan mudah masuk ke urethra.

Hal ini terjadi apabila wanita tidak memperhatikan kebersihan badan dan daerah sekitar alat kelamin. Misalnya, saat buang air kecil di toilet umum yang kumuh dan tidak terjaga kebersihannya, sebab lain adalah karena kesalahan pada saat menyeka air untuk membersihkan alat kelamin setelah buang air besar maupun kecil (cebok), kebiasaan menyeka dengan arah dari belakang ke depan dapat menyebabkan bakteri dari dubur masuk ke dalam vagina dan saluran kencing.

Melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan juga meningkatkan resiko terkena infeksi saluran kencing, apabila sudah berumah tangga dan salah satu pasangan terkena infeksi ini maka sebaiknya di obati dulu hingga sembuh total dan tidak melakukan hubungan seksual selama masa pengobatan. Bagi wanita yang sedang haid, dianjurkan untuk sering-sering berganti pembalut, karena pembalut yang kotor dengan darah dapat menyebabkan kuman berkembang biak. Dan yang terakhir adalah, jangan suka menahan buang air kecil.

Terjadinya infeksi saluran kencing yang terus menerus pada wanita dapat mengakibatkan kerusakan ginjal, gangguan pada fungsi reproduksi, serta komplikasi pada saat kehamilan.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» gambar saluran kencing wanita » ############ » cara mengobati kencing berturut turut untuk wanita
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
  1. mKasih ats" tpisnYa
    Insya ALLAH bermanfaat

Tips Kecantikan
build_links(); ?>