Tips Kecantikan & Kesehatan
Mar 6, 2017

Posted in Tips Kesehatan Wanita

Apa Itu Osteoporosis Pada Wanita Dan Apa Saja Gejala-Gejalanya?

Tips Kecantikan

Apakah yang dimaksud dengan Osteoporosis? Apa itu osteoporosis pada wanita?

Osteoporosis ialah kondisi kesehatan yang ditandai dengan adanya kelemahan dan kerapuhan tulang yang sering patah, khsusunya pada tulang belakang, pergelangan tangan , pinggul, lengan atau panggul. Hal tersebut disebabkan oleh penurunan masa tulang karena kecepatan pertumbuhan tulang lebih lamban jika dibandingkan dengan kecepatan penghancuran tulang.

Maka dari itulah, hal yang demikian bisa terjadi dan lebih sering pada wanita yang sudah lanjut usia dimana tulang bertumbuh dengan lamban, terutama pada wanita yang sedang mengalami menopause.

Pada ummnya osteoporosis tidak menimbulkan gejala apapun dan dapat diteteksi pada saat orang tua terjatuh dan suatu fraktur yang berlarut-larut. Namun pada kasus berat, walaupun bersin atau batuk ringan bisa menyebabkan patah tulang yakni tulang iga. Oleh karena itu, osteoporosis yang terjadi pada orang tua dipercaya merupakan suatu kondisi yang berbahaya dan bisa menyebabkan kecacatan yang berat.

Disamping disebabkan oleh faktor umur atau proses penuaan, osteoporosis juga bisa disebabkan oleh penyakit pada kelenjar-kelenjar yang bertugas dalam mengendalikan kecepatan regenerasi tulang, misalnya kelenjar hipofise atau kelenjar tiroid dan sering berkaitan dengan defisiensi kalsium dan fosfat.

Tips Kecantikan

Obat-obatan seperti kalsitonin dan terapi pengganti estregon bisa diberikan untuk memperlamban pengahuncuran tulang dan mempertahankan masa tulang. Yah, tetap mempertahankan kesehatan tulang merupakan salah satu cara yang penting untuk mencegah osteoporosis. Hal yang demikian bisa dilakukan yakni dengan banyak mengkonsumsi asupan kalsium dan vitamin D, hindari alkohol yang berlebihan dan jangan merokok serta berolahraga dengan teratur untuk menguatkan tulang.

Gejala-gejala Osteoporosis

Tanda dan juga gejala osteoporosis yang mungkin muncul:

  • Patah tulang pinggul
  • Penurunan tinggi secara bertahap seiring berjalannya waktu
  • Postur tubuh menjadi bungkuk
  • Ruas tulang belakang retak atau runtuh
  • Leher sakit
  • Punggung sakit

Nah, itulah pengertian dari Apa Itu Osteoporosis pada Wanita serta gejala-gejala dan tanda yang mungkin akan muncul pada wanita yang terkena osteoporosis.

Semoga dengan informasi kali bisa membantu anda semua dalam mengenali osteoporosis dan gejalanya, sehingga sebelum menjadi lebih parah anda bisa mencegah dan lebih waspada.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan