Tips Kecantikan & Kesehatan
Apr 1, 2012

Posted in Tips Kesehatan Gigi & Mulut

Masa Pubertas Dan Menstruasi Mempengaruhi Kesehatan Gigi

Tips Kecantikan Masa Pubertas Dan Menstruasi Mempengaruhi Kesehatan Gigi

Kesehatan Gigi pada masa pubertas atau yang jaman sekarang disebutnya masa ABG (anak baru gede) sangat berpengaruh, karena pada masa  ini adalah masa dimana terjadinya pengingkatan produksi hormon seks. Biasanya pada masa  ini menyisakan keadaan yang konstan (berkelanjutan) bagi kelangsungan reproduksi seorang wanita. Masa pubertas pada wanita ditandai dengan datangnya siklus haid/Menstruasi. Meningkatnya hormon seks berpengaruh pada kesehatan gigi karena pada fase ini akan memicu melebarnya pembuluh darah kecil pada gusi. (hihihihi.. ngeri juga ya). Selanjutnya pelebaran darah juga akan terlihat dari beberapa tanda diantaranya  gusi yang memerah, perdarahan diradang gusi dan pembengakan disekitar gusi.

Terkait dalam kesehatan gigi ada beberapa mikroba pada fase diatas dan merupakan perubahaan dari  mikroba yang “menyehatkan” menjadi mikroba yang “bersifat merusak” (destruktif)  atau “bersifat menjadi bibit penyakit” (patogen). Perubahan ini mengakibatkan meningkatnya kadar hormon dalam darah sehingga bakteri patogen dapat berkembang biak dan bakteri tersebut menggunakannya untuk terus tumbuh dan bertambah banyak (berproliferasi). Plak dan karang pada gigi juga akan semakin memperburuk kondisi tersebut, terutama pada kesehatan gigi kita. (Waaah berarti kita harus benar-benar menjaga kesehatan gigi kita ya).

Menanamkan kebiasaan menjaga kesehatan gigi sejak dini akan hal ini sangatlah penting, serta harus rutin memeriksakan gigi dan kebersihan gigi. Kasus peradangan gusi dan gigi yang bengkak cenderung dihubungkan pada masa pubertas dan akan  menurun seiring memasuki usia lanjut. Dengan demikian yuk kita sama-sama menjaga kesehatan gigi kita agar gigi kita sehat dan masa pubertas kita berjalan dengan oke.

Tips Kecantikan
Hasil pencarian artikel ini dengan:
» kesehatan gigi » masa pubertas » pubertas
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
  1. triadi ardian says:

    betul banget, memang masa pubertas mempengaruhi gilut krn setelah masa abg dtg saya sendri sering bermasalah dgn gilut saya… sampai akhirna dokter menyarankan saya harus tambal gigi… hehe 😛
    thanks sista for info .. 🙂

    • Tips 124272671 says:

      wew.. waduh ngeri juga ya klo gk bersih dalam jaga gigi…ckckck…
      thanks for info admin.. 🙂

  2. atur k hutahean says:

    wah, nice info sist… tengkyu … 🙂

  3. wew.. waduh ngeri juga ya klo gk bersih dalam jaga gigi…ckckck…
    thanks for info admin.. 🙂

  4. Nice Infonya, jadi tambah ilmunya…

  5. wow…luar biasa…jadi tambah pinter nih. tks bgt ya…info ini mau saya bagikan saat pertemuan PKK, penting untuk diketahui oleh para wanita.

  6. Hareesmon Harees says:

    baik

Tips Kecantikan
build_links(); ?>