Tips Kecantikan & Kesehatan
Apr 28, 2012

Posted by in Tips Kesehatan Gigi & Mulut

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Tips Kecantikan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Kesehatan Gigi. Ketika bayi mulai tumbuh gigi antara usia empat sampai sembilan bulan, ketika air liurnya lebih dari sebelumnya atau ketika tangannya biasa diletakkan di mulut dan sering mengunyah apa pun. Orang tua harus mulai memperhatikan kesehatan gigi dan mulut bayi secara khusus meskipun masih disebut gigi tidak permanen.

Banyak orangtua yang mengabaikan kesehatan gigi bayi dan anak-anak hingga giginya mulai menghitam, berlubang dan tanggal sebelum waktunya. Menurut para ahli gigi, kesehatan gigi bayi dan anak pada akhirnya akan menentukan kesehatan gigi permanennya.

Berikut Ini Beberapa Tips Kesehatan Gigi Anak

1. Mengurangi minum minuman manis karena anak-anak biasanya lebih suka minuman berasa seperti sirup dan es krim yang mengandung gula sederhana yang tidak baik untuk kesehatan gigi juga untuk kadar gula dalam darah. Memberi jus buah yang kaya gula alami dan usahakan hanya pada saat makan.

2. Minum dengan gelas dan bukan botol susu karena minuman yang mengandung gula jika diberikan dengan botol, akan mengalir terus menerus pada gigi dan dalam waktu lama. Namun jika menggunakan sendok atau cangkir maka minuman akan terteguk dan tertelan secara langsung. Jangan memberikan susu dari botol sambil dia tidur malam, karena produksi air liur berkurang dan karena itu tidak dapat melindungi gigi terhadap produksi asam. Jadi sebaliknya, selesaikan minum susu, lalu sikat gigi sebelum tidur.

3. Membuat jadwal makan lima kali sehari yaitu sarapan, camilan pagi, makan siang, teh sore dan makan malam. Balita aktif biasanya sering makan, tapi jangan memberikan terlalu banyak makan di antara waktu makan.

4. Menyediakan camilan sehat dan menghitung kadar gula dalam makanan ringan. Jika Anda ingin memberi camilan manis sesekali, lebih baik memilih coklat daripada permen. Saat makan, pastikan makanan cepat dikunyah dan ditelan langsung bukannya diemut.

5. Menyikat gigi dua kali sehari setelah gigi pertama tumbuh dan mulai membersihkan dengan sikat yang lembut. Pada bayi tidak disarankan untuk menggunakan pasta gigi, tetapi dapat dengan menggunakan air bersih saja untuk membersihkan giginya. Cara yang baik untuk menyikat adalah dengan gerakan memutar dengan fokus pada bagian baru ke bagian berikutnya. Sikat bagian belakang gigi sampai batas gusi dan ajarkan anak untuk berkumur dan meludah setelah selesai.

6. Mengunjungi dokter gigi sejak anak berusia satu tahun dan ke dokter gigi setiap enam bulan. Dengan pemeriksaan rutin maka masalah kesehatan gigi dapat ditangani dengan cepat sehingga anak-anak dapat memiliki gigi yang sehat.

Demikian tips menjaga kesehatan gigi anak. Semoga bermanfaat.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» perawatan gigi » perawatan gigi anak » cara menjaga kesehatan gigi
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan