Tips Kecantikan & Kesehatan
Feb 16, 2014

Posted in Tips Kesehatan Gigi & Mulut

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Pada Balita

Tips Kecantikan Cara Menjaga Kesehatan Gigi Pada Balita

Kesehatan Gigi. Gigi adalah salah satu bagi dari tubuh yang penting, setiap makanan yang kita konsumsi pasti melewati proses pengunyahan oleh gigi.

Maka dari itu kesehatan gigi menjadi hal yang harus diperhatikan. Gigi meskipun terlihat sepele, namun menjaga kesehatan gigi adalah hal yang tidak dapat dianggap remeh.

Selalu menyikat gigi setiap hari 2 kali sehari pagi dan malam hari sebelum tidur adalah cara yang efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Menjaga Kesehatan Gigi Pada Balita

Menjaga kesehatan gigi, bukan hanya untuk orang dewasa, namun sejak balita kesehatan gigi harus mulai diperhatikan. Banyak kasus gigi yang rusak pada orang dewasa, karena kurangnya perhatian untuk selalu menjaga kesehatan gigi sejak dini, khususnya sejak balita. Bayi yang mulai tumbuh gigi harus mulai dijaga kebersihan dan kesehatan giginya.

Apalagi bila balita mulai mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi dapat menyebabkan gigi sakit, gigi berlubang, dan nafas berbau. Sebaiknya orangtua mengajarkan menyikat gigi sedini mungkin, dengan memberi contoh bagaimana menyikat gigi yang baik dan benar.

Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi Pada Balita

Kita ketahui bahwa gigi anak balita adalah gigi susu. Gigi susu adalah gigi pertama yang tumbuh. Gigi susu berjumlah 20, sedangkan gigi dewasa berjumlah 32. Gigi susu akan tanggal dan digantikan oleh gigi dewasa. Meskipun gigi susu akan tanggal seluruhnya, namun perawatan kesehatan gigi harus dilakukan sejak gigi susu pertama tumbuh. Perawatan gigi balita secara umum tidak berbeda dengan perawatan gigi dewasa.

Ada beberapa tips cara menjaga kesehatan gigi pada balita yang dapat menjadi tambahan informasi yang berguna, yaitu:

* Ajar anak untuk menyikat gigi secara teratur sejak dini. Hal itu akan memupuk kesadaran anak untuk selalu menjaga kebersihan gigi.

Tips Kecantikan

* Gunakan sikat gigi sesuai anatomi mulut anak. Pemilihan sikat gigi untuk anak harus disesuaikan dengan anatomi mulut anak, agar saat anak menyikat gigi tidak terluka, dan anak merasa nyaman dan aman.

* Gunakan pasta gigi khusus anak-anak. Pasta gigi untuk anak diformulasikan sesuai untuk gigi balita, dan aman bila tertelan

* Kunjungi dokter gigi, minimal 6 bulan sekali. Mengunjungi dokter gigi tersebut memungkinkan untuk mendeteksi adanya kelainan pada gigi balita sejak dini.

* Biasakan anak sebelum tidur untuk menyikat gigi. Menyikat gigi sebelum tidur dan sesudah makan akan memelihara dan menjaga gigi tetap terawat dan bersih.

* Kurangi kebiasaan anak mengkonsumsi makanan manis sebelum tidur. Makanan yang manis dan mengandung gula memiliki efek tidak baik bagi kesehatan gigi dan mulut.

* Biasakan anak untuk minum air putih, setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Sisa-sisa makanan yang tertinggal dalam mulut yang membusuk akan menyebabkan kerusakan gigi.

* Selalu sediakan air matang untuk berkumur. Kita tahu bahwa balita belum dapat berkumur secara benar. Mungkin saja ada air yang tertelan, untuk menjaga agar terhindar dari penyakit yang disebabkan menelan air mentah, maka gunakan air matang untuk berkumur.

Demikian informasi cara menjaga kesehatan gigi pada balita.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» cara memutihkan gigi bayi » cara memutihkan gigi balita » kesehatan gigi balita
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>