Tips Kecantikan & Kesehatan
Apr 9, 2012

Posted by in Tips Kesehatan Anak

Tips & Trik Pijat Bayi Dan Manfaatnya

Tips Kecantikan Tips & Trik Pijat Bayi Dan Manfaatnya

Pijat Bayi. Anda pasti akan merasa gemas apabila melihat bayi yang sehat, montok dan lucu. Seakan ingin segera memeluk, mencium sepuasnya bahkan mungkin sedikit jail dengan mencubit perlahan pipinya yang montok. Sungguh menggemaskan! Apalagi sebagai seorang ibu yang mempunyai bayi, adalah merupakan suatu kebahagiaan tersendiri disaat sang ibu berkesempatan memandikan bayinya sendiri. Rasanya momen seperti itu tak ingin dilewati begitu saja oleh sang ibu. Sang ibu akan melakukannya dengan sangat hati-hati dan tentu saja dengan penuh rasa kasih sayang sehingga sang bayi akan merasa nyaman. Namun dibalik kegiatan utama memandikan bayi, tahukah anda bahwa ada satu aktifitas yang dapat dilakukan berbarengan dengan kegiatan memandikan bayi? Aktifitas tersebut adalah pijat bayi. Anda mungkin bertanya apa manfaatnya pijat bayi dan bagaimana cara melakukannya? Penasaran? Simak terus artikel ini.

Tanpa disadari, banyak orang tua telah melakukan pijat bayi. Kegiatan pijat bayi ini sudah merupakan umum yang dilakukan sehari-hari oleh sang ibu. Namun mungkin tanpa memperoleh informasi yang cukup tentang manfaat dan cara yang tepat untuk melakukan pijat bayi.

Setidaknya ada 6 (enam) manfaat yang didapat apabila sang ibu dapat melakukan pijat bayi secara rutin. Berikut ulasannya :

Pertama, pijat bayi merupakan salah satu ungkapan rasa kasih sayang dan kelembutan dari orang tua, khususnya dari sang ibu, apabila bayi dimandikan sendiri oleh ibunya. Kita sama-sama mengetahui, bahwa rasa kasih sayang dari orang tua merupakan hal penting terhadap pertumbuhan bayi.

Kedua, pijat bayi juga bermanfaat untuk membentuk otot bayi supaya lebih kuat.

Ketiga,  melalui pijat bayi dapat membuat system peredaran darah pada bayi akan lebih lancar, sehingga proses pencernaan dan pernafasan bayi jadi lebih baik bahkan system kekebalan tubuh bayi juga akan meningkat sehingga lebih sehat dan tidak gampang sakit.

Keempat, pijat bayi berdasarkan suatu penelitian sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan bayi seperti berat badan. Konon, menurut suatu hasil penelitian, pada bayi premature kenaikan berat badannya  bertambah sebanyak 47% dibandingkan dengan bayi yang tidak dipijat.

Kelima, untuk jangka panjang manfaat yang dapat dirasakan apabila selagi bayi sering dipijat adalah bahwa pijat bayi dapat merangsang panca indera bayi, terutama indera peraba, pendengar, penglihat yang berakibat akan meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar bayi.

Keenam, adalah menjadikan bayi lebih rileks, tidur lebih lelap serta bayi lebih tenang. Waah… ternyata banyak manfaat dari pijat bayi, ya?

Pertanyaan selanjutnya adalah  bagaimana cara melakukan atau trik apa yang diperlukan agar pijat bayi bisa benar-benar dirasakan manfaatnya?

Ini dia, trik yang direkomendasikan agar pijat bayi bermanfaat secara maksimal

Sebelum pijat bayi dilakukan hendaknya diperhatikan faktor kebersihan terutama tangan Anda. Selain kebersihan, pemakaian perhiasan seperti cincin, gelang dan benda tajam lainnya yang dapat menggores kulit bayi juga sebaiknya dihindari. Pastikan tangan Anda bersih dan bebas dari benda-benda tajam yang dikhawatirkan akan mencederai bayi Anda. Selain itu sebelum dilakukan pijat bayi. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan bahwa usahakan bayi Anda dalam keadaan kenyang (tidak lapar) pada saat dilakukan pijat bayi, karena ini dapat membuat bayi merasa kurang nyaman sehingga kemungkinan lebih sering menangis saat dipijat.

Nah, sekarang kita mulai dengan trik atau cara melakukan pijat bayi step by step. Langkah pertama sebelum pijat bayi dilakukan adalah tubuh bayi hendaknya dilumuri terlebih dahulu dengan lotion yang lembut. Hal ini untuk memudahkan pemijatan dan menghindari lecet pada tubuh bayi saat pijat berlangsung. Tahap selanjutnya adalah proses pemijatan. Disarankan pijat bayi diawali dengan memijat di bagian kaki dan dengan sentuhan yang lembut dan penuh kasih sayang tentunya. Kenapa bagian kaki? Karena ternyata bayi paling senang apabila dipijat dibagian kaki. Selanjutnya secara bertahap tambah tekanan pada sentuhan Anda sampai pada batas yang patut bagi tubuh bayi yang tentu saja masih lembut Setelah dirasa cukup, Anda bisa pindah ke bagian tubuh lainnya dan terakhir dibagian punggung. Disarankan hentikan pijatan apabila bayi Anda menangis, karena mungkin saja bayi Anda sudah merasa kurang nyaman atau lapar atau malah minta digendong.

 Jangan lupa, bersihkan tubuh bayi Anda setelah pemijatan selesai. Bisa dengan cara memandikan bayi, apabila pemijatan dilakukan pada pagi/siang hari. Namun apabila pijat bayi dilakukan pada malam hari, cukup dibersihkan dengan air hangat. Oh ya, pemijatan dapat dilakukan pada bayi berusia kurang dari 1 tahun.

Bayi Anda butuh kasih sayang dari orang tua. Salah satu cara adalah dengan cara pijat bayi. Apabila dilakukan dengan tepat, niscaya akan banyak manfaatnya bagi bayi Anda. Jadi, tunggu apalagi? Bagi yang punya bayi, ayo pijat bayi mungil anda dan rasakan manfaatnya.

 

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» manfaat pijat bayi » pijat bayi biar cerdas » step pijat bayi
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan