Tips Kecantikan & Kesehatan
Apr 16, 2012

Posted by in Tips Kesehatan Anak

Tips Memilih Makanan Bayi Sesuai Usia Si Kecil

Tips Kecantikan Tips Memilih Makanan Bayi Sesuai Usia Si Kecil

Makanan Bayi yg paling utama dan terutama adalah ASI krn nutrisi yg terkandung di dalam ASI sdh sangat lengkap sehingga tidak bisa digantikan oleh apapun termasuk susu formula tapi dalam setiap perkembangan bayi, ASI saja tidak cukup karena semakin besar usia sikecil porsi makanannya semakin bertambah.

Hal yg harus diperhatikan dalam memilih makanan bayi adalah usia si kecil, kandungan gizi serta tekstur makanan (kekentalan).

Berikut tips memilih makanan bayi sesuai usia si kecil:

1. Usia 0-6 bulan

Pada usia ini sebaiknya bayi hanya diberikan ASI atau susu formula karena saluran pencernaan bayi masih belum sempurna  tidak dianjurkan untuk diberikan makanan padat.

Jumlah ASI atau susu formula yg diberikan disesuaikan dengan perilaku bayi, biasanya pada usia ini bayi diberikan ASI atau susu formula setiap 2-3 jam sekali, bagi yg menggunakan susu formula berikan 30ml sekali minum, setiap pertambahan usia bayi 1 bulan susu formula yg diberikan ditambah 30ml sekali minumnya. Misal usia bayi 2 bulan, ukuran susu formula 60ml sekali minum.

2. Usia 6-9 bulan

Pada usia ini bayi mulai diperkenalkan dengan makanan bayi semi padat, bisa berupa bubur tim, bubur sereal, bubur buah2an, bubur sayur-sayuran dll. Untuk makanan yg dibuat sendiri dirumah perhatikan jenis bahan makanan, harus memilih jenis bahan makanan yg masih segar misalnya sayur-sayuran yg bewarna hijau dan masih segar.

Untuk yg memilih makanan instan yg ada di supermarket perhatikan tanggal kadaluarsanya, jangan membeli makanan bayi dengan kondisi kemasan yg sudah rusak karena ada kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri. Untuk tahap perkenalan sebaiknya berikan makanan bayi semi padat ini 1x sehari dan hanya satu macam rasa, tunggu sekitar 4 hari jika ingin memilih variasi rasa atau memperkenalkan makanan yg baru pada bayi hal ini dimaksudkan agar kita bs mengetahui reaksi yg timbul pada bayi atas makanan tersebut (alergi atau tidak). Untuk tahap pemula berikan makanan bayi 2x sehari, untuk tahap lanjutan berikan makanan 3xsehari

3. Usia 10-12 bulan

Pada usia ini bayi mulai diberikan makanan agak kental, tekstur agak kasar seperti bubur orang dewasa serta bisa diberi sedikit potongan buah2an hal ini untuk merangsang bayi agar bisa mengunyah. Usia ini disebut usia lanjutan maka bisa diberikan makanan bayi 3x sehari.

Berikut bahan makanan bayi yg menimbulkan alergi:

  • Susu formula ( susu sapi )
  • Ikan laut
  • Sea food
  • Telur
  • Kacang-kacangan

Beberapa faktor yang berperan dalam timbulnya alergi makanan pada si kecil

  1. Faktor genetik : riwayat keluarga alergi
  2. Faktor ekonomi: kekurangan gizi
  3. Pengenalan makanan bayi terlalu dini

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» bit ly » susu formula bayi 0-6 bulan » makanan bayi usia 6 bulan
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
  1. Tips yang sangat bermanfaat bagi Ibu-Ibu Muda

Leave a Reply

Tips Kecantikan