Tips Kecantikan & Kesehatan
May 23, 2012

Posted by in Tips Kesehatan Anak

Perkembangan Psikologi Anak Pada Balita

Tips Kecantikan Perkembangan Psikologi Anak Pada Balita

Pekembangan kesehatan Psikologi anak balita sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik setiap anak balita sejak mereka dilahirkan. Karena apabila kondisi kesehatan fisik itu buruk maka akan berdampak buruk bagi kesehatan Psikologi anak balita tersebut.

Oleh karena itu setiap orangtua mempunyai peranan yang besar bagi perkembangan Psikologi anak yang berlangsung pada masa keemasannya yaitu sejak anak menginjak masa balita dan usia pra sekolah.

Bukan hanya fisik dan kecerdasannya saja yang berkembang pesat pada saat anak menginjak masa balita, akan tetapi psikologi anak atau mental anak juga akan berkembang dengan pesat. Oleh karena itu kita sebagai orangtua harus lebih ektra hati-hati dalam berperilaku di depan anak dan dalam mendidik anak di masa-masa tersebut.

Psikologi anak akan terganggu apabila orangtua salah langkah dalam mendidik dan berperilaku, karena anak pada masa balita adalah peniru ulung dan juga pembangkang yang hebat. Oleh karena itu para orang tua harus memberikan pendidikan informal kepada anak ketika anak mulai menginjak usia balita.

Dalam mendidik anak yang paling efektif sebaiknya tidak banyak melarang dan mengancam anak dengan hukuman yang dianggap bisa membuat anak jadi penurut, yang padahal justru akan mengganggu perkembangan Psikologi Anak Balita anda dan akan membuat anak makin membantah dan bertindak di luar kendali, semakin sering dimarahi anak semakin kebal dengan omelan orangtuanya dan tentunya anak semakin bandel.

Gantilah kata kata jangan dan tidak dengan kata yang tidak mengandung larangan atau ancaman, misalnya jika anak ingin bermain di luar dan kita tidak menginginkannya jangan mengatakan pada anak ‘ade jangan main di luar’ tapi sebaiknya katakan ‘ ade mainnya di dalam aja ya’ atau kata-kata lainnya.

Kita sebagai orang tua lebih sebaiknya sering memuji tingkah anak dengan menunjukan kasih sayang kepada anak dan lebih membebaskan anak, cukup mengawasai saja lebih baik daripada mengeluarkan umpatan walaupun masih terbilang halus seperti mengatakan bahwa anak nakal, anak bandel dan sejenisnya karena akan mempengaruhi psikologi anak balita anda.

Agar Psikologi anak berkembang dengan baik seperti yang kita harapkan yang terpenting adalah memahami, bersabar, dan selalu memberi contoh dengan perilaku yang baik di depan si kecil. Jangan lupa untuk bersikap tegas dalam menerapkan kedisiplinan agar mereka memiliki pondasi yang cukup kuat dalam proses pembentukan karakternya kelak.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» mendidik anak balita » psikologi anak balita » tips mendidik anak balita
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan