Tips Kecantikan & Kesehatan
Apr 3, 2012

Posted by in Tips Kesehatan Anak

Peran Orangtua Dalam Perkembangan Psikologi Anak Usia 1 – 3 Tahun

Tips Kecantikan Peran Orangtua Dalam Perkembangan Psikologi Anak Usia 1 – 3 Tahun

Psikologi Anak. Dalam kehidupan anak, tiga tahun pertamanya (atau biasa kita kenal dengan istilah Golden Periode) adalah masa – masa paling penting dimana otak berkembang dengan pesat dengan membentuk 1000 triliun jaringan koneksi yang aktif dan dapat menyerap informasi serta stimulasi baru dua kali lebih cepat daripada otak orang dewasa sampai saat mencapai usia 3 tahun. Pada masa – masa inilah anak memerlukan pola asuh dan stimulasi yang akan menentukan bagaimana kelak akan tumbuh menjadi anak yang cerdas ataukah anak yang biasa – biasa saja. Sama seperti anak, setiap orang tua juga memiliki jenis kelamin yang berbeda serta watak yang berbeda pula. Karena itu ikut memberikan pola asuh yang berbeda dan secara tidak langsung berpengaruh pada psikologi anak.

Salah satu contoh yang harus kita tahu bahwa begitu pentingnya mengajari anak mengatasi dan menghindari sebuah konflik. Memang tak semudah membalik telapak tangan namun kita harusnya yakin dapat menjalaninya. Caranya dengan mengajak anak berkomunikasi, karena dengan berkomunikasi dengan anak kita bisa tahu pola asuh seperti apa yang benar untuk perkembangan psikologi anak. Hal lain yang bisa kita lakukan adalah mengajarkan si anak tentang hubungan sebab akibat misalnya bagaimana akibatnya bila mereka tidak mau berbagi mainan dengan temannya bahkan sampai bertengkar, cara berempati dan saling memaafkan. Namun itu semua belum cukup hanya dengan berkomunikasi dengan anak, orangtua harusnya bisa memberikan contoh dalam kehidupan sehari – hari.

Perkembangan Psikologi Anak

Pada usia 1 – 3 tahun ini biasanya karakter atau watak anak sudah mulai terbentuk dan akan berubah tergantung pada situasi kondisi serta pengalaman lingkungan, semakin banyak pengalaman yang dia dapat dari lingkungan semakin terbentuk watak atau karakter pribadi aslinya. Untuk itu sebagai orangtua kita harus memilah pola asuh pada tindakan negative dan positif dari anak. Bila si anak bertindak salah, tegur dan beri penjelasan padanya bahwa tindakannya memang salah. Bila si kecil bertindak positif berikan dia pujian. Dengan pola asuh orangtua pada perkembangan psikologi anak seperti situasi ini, kelak anak akan lebih mengerti bagaimana nantinya dia bersikap.

Pada masa – masa usia ini, yang tak kalah pentingnya harus diajarkan pada anak adalah dukungan orangtua disaat anak ingin belajar mandiri, karena pada masa ini egonya mulai muncul. Dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan berbagai hal sendiri, berarti kita memberikan kesempatan kepada anak untuk membangun kepercayaan diri dan belajar dari kesalahan. Sehingga sangatlah dimungkinkan anak tidak berkepribadian manja dan selalu tergantung pada kita.

Secara keseluruhan kesimpulannya adalah, peran orangtua dalam pola asuh pada perkembangan psikologi anak akan berubah sesuai dengan tahap pertumbuhan serta perkembangan psikologi anak, karena itu diharapkan orangtua lebih mengerti dan memahami secara keseluruhan tugas – tugas perkembangan psikologi anak di setiap tahap tumbuh kembangnya baik secara fisik, motorik maupun kognitifnya serta nilai – nilai kehidupan dan norma di lingkungannya.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» perkembangan anak usia 3 tahun » perkembangan anak 1 tahun » perkembangan anak usia 1 tahun
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
  1. baju dan perlengkapan bayi says:

    info yang sangat bermanfaat sekali.. terima kasih

  2. semoga aja anakku bisa menjadi anak yg patuh,,,,,,,,

  3. Semoga sy menjadi orang tua yg Peka terhadap setiap tahap Perkembangan anak.

  4. semoga aku menjadi anak yang bisa membuat orang tua ku bahagia…………..

  5. mdh2an ankku kelak jdi ank yg pntar n sukses,amien…

  6. semoga bisa menjadi orang tua yang dapat memberikan yang terbaik untuk perkembangan anakku….

  7. berikan yang terbaik untuk buah hati

Leave a Reply

Tips Kecantikan