Tips Kecantikan & Kesehatan
Jul 25, 2012

Posted by in Tips Kesehatan Anak

Pentingnya Pantun Anak

Tips Kecantikan Pentingnya Pantun Anak

Pantun Anak dikenal sebagai salah satu materi dalam pelajaran bahasa Indonesia yang mampu memberikan hiburan dan nasihat yang berarti. Pantun anak merupakan warisan budaya pantun yang menyimbolkan rasa cinta tanah air dan kelestarian budaya.

Dengan gaya bahasa yang berirama, pantun anak dapat membantu anak dalam berkomunikasi dan meningkatkan kreativitas anak ketika tugas membuat pantun mulai berdatangan.

Dengan pantun pula, anak dapat menggali potensi dirinya terutama bagi mereka yang mempunyai jiwa seni. Pantun anak menjadi sangat berperan dalam menemukan bakat anak jika guru yang membimbing mereka benar-benar menemukan cara yang tepat untuk mengaplikasikannya.

Manfaat pantun anak bagi orang tua

Pantun bisa anda jadikan sebagai nasihat bagi anak anda, sebagai teman tidur yang baik, dan bisa pula anda jadikan sebagai bahan candaan dengan si buah hati. Yang perlu anda ingat bahwa perlu memilih bahasa yang tepat ketika memilih pantun, jangan gunakan bahasa yang rumit dan membingungkan. Melalui pantun, anda juga dapat membangun kepribadian anak untuk dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik.

Membuat pantun anak

Tidak terdapat perbedaan dalam struktur antara pantun biasa dengan pantun anak. Yang membedakan hanyalah isinya. Ketika pantun biasa dibuat dengan gaya bahasa bebas dan dengan maksud yang lebih luas, pantun anak tampil berbeda dengan bahasa lugas nan sederhana. Adapun struktur pantun secara keseluruhan adalah sebagai berikut.

- Empat baris dalam satu bait.

- Berima sajak a-b-a-b.

- Baris pertama dan baris kedua merupakan sampiran.

- Baris keempat adalah isi pantun.

Untuk mempermudah pembuatan pantun anak, maka disarankan untuk membuat isi terlebih dahulu baru menyesuaikan dengan sampiran.

Contoh dan Jenis pantun anak

Ketika berbicara jenis pantun anak, maka kita bisa menyemakan dengan pantun biasa, adapun beberapa contoh dan jenis pantun anak adalah sebagai berikut.

Pantun anak – Nasihat

Ibu ke pasar beli agar-agar Pulang membawa serta daun katuk Belajar di pagi hari cepat pintar Belajar di malam hari cepatlah kantuk

Pantun anak – Agama

Saya tidak pergi dengan dia Tetapi pergi dengan si Rohmat Beramal ketika di dunia Menuai pahala di akhirat Pantun anak – Jenaka

Pantun anak- Jenaka

Disana gunung disini gunung Ditenga-tengah ada pulau jawa Wayangnya bingung dalangnya bingung Yang penting bisa ketawa

Itulah beberapa penjelasan mengenai pantun anak. Semoga bermanfaat bagi anda.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» pantun tentang kesehatan » contoh kumpulan pantun tentang kesehatan » contoh pantun bertema kesehatan
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan