Tips Kecantikan & Kesehatan
Sep 20, 2014

Posted by in Tips Kesehatan Anak

Pembelajaran Dengan Video Anak-Anak

Tips Kecantikan Pembelajaran Dengan Video Anak-Anak

Video anak-anak merupakan alah satu fasilitas yang tepat untuk belajar. Dengan tampilan audio visual yang menarik memberikan semangat yang lebih kepada anak-anak untuk belajar.

Sedangkan bila orang tua maupun guru hanya menggunakan buku ataupun penjelasan semata, anak cenderung bosan dan kurang dapat menyerap materi yang diberikan.

Video anak-anak yang disajikan hendaknya memiliki kualitas yang baik serta isi yang mendidik. Dengan video anak dapat terbantu untuk memahami suatu objek dan penjelasan melalui gambar tiga dimensi yang tentunya memiliki sistem sudut pandang yang berbeda.

Manfaat pembelajaran dengan video anak-anak

Video anak-anak juga menyajikan manfaat yang multifungsi berupa aspek kognitif, afektif, psikomotorik, dan interpersonal. Sebagai sarana meningkatkan kognitif anak, video dapat menjelaskan kepada anak dengan berbagai gaya pembicaraan dan pengetahuan yang berbeda-beda, melalui video anak – anak, mereka dapat menggali pengetahuan lebih jauh dan mengerti akan materi yang disampaikan lebih baik daripada melalui buku.

Dalam ranah afeksi, video anak bermanfaat untuk mengolah emosi jiwa seperti adegan yang membuat anak-anak tertawa ketika ada adegan lucu, menangis ketika adegan sedih sedang berlangsung, dan tersenyum ketika ada adegan yang menggelitik hati.

Untuk ranah psikomotorik, video anak-anak bermanfaat untuk membantu sistem kerja otak anak dalam melakukan dan menciptakan sesuatu. Dengan demonstrasi pembuatan kerajinan tangan atau pembuatan berbagai macam bentuk hewan melalui origami yang ada di dalam video, anak dapat mengaplikasikannya secara langsung. Secara tidak langsung terjadi peningkatan kemampuan psikomotorik dalam diri anak.

Sedangkan untuk ranah interpersonal, video anak-anak berperan untuk memberi kesempatan kepada anak dalam mendiskusikan sesuatu secara bersama sama. Dengan menyaksikan tayangan video secara bersama-sama mereka dapat memperoleh kesimpulan yang kemudian disalurkan dalam bentuk hubungan sosial di dalam diskusi dan interaksi sesama.

Lebih dari itu, manfaat video anak-anak dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran, di antaranya adalah:

• Mengatasi jarak dan waktu

• Dapat membawa siswa berpetualang dari negara satu ke negara lainnya, dan dari masa yang satu ke masa yang lain.

• Mengembangkan imajinasi

• Mampu menggambarkan peristiwa-peristiwa masa lalu secara realistis dalam waktu yang singkat

• Pesan yang disampaikannya cepat dan mudah diingat.

• Dapat diulang-ulang bila perlu untuk menambah kejelasan

• Megembangkan pikiran dan pendapat para siswa

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan