Tips Kecantikan & Kesehatan
Jul 25, 2012

Posted by in Tips Kesehatan Anak

Pantun Anak-Anak Nasehat Singkat Yang Menghibur

Tips Kecantikan Pantun Anak-Anak Nasehat Singkat Yang Menghibur

Pantun anak-anak sering ditemui kita temui dalam buku-buku cerita atau pelajaran bahasa Indonesia. Pantun anak-anak yang bagus sebaiknya berisi nasihat daripada lelucon belaka. Tentu kita tidak asing lagi bagaimana artis-artis Indonesia sering bermain pantun untuk memberikan kelucuan tanpa makna.

Dalam konteks ini sebaiknya jauhkan anak anda dari hal tersebut karena sifat eniru anak sangatlah besar dibanding orang dewasa. Selain itu, banyak pula ditemukan penyelewengan pantun anak-anak. Sudah banyak kasus terjadi pada buku buku pelajaran yang menampilkan pantun dengan kata-kata seronok yang jelas tidak baik untuk anak.

Berbekal masalah tersebut, maka tidak ada salahnya anda membuat sendiri pantun anak-anak untuk sang buah hati. Melalui pantun anak-anak yang anda buat sendiri, tentu lebih muda mengontrolnya dan menyelipkan nasihat-nasihat baik didalamnya.

Pantun karmina – Pantun anak-anak yang sarat makna

Ketika membuat pantun anak-anak, anda bisa mengalihkan perhatian ke pantun karmina. Pantun karmina sering kita temui saat ini, comedian-komedian di televisi saat ini menggunakan pantun rayuan yang berasal dari bentuk pantun karmina, namun dengan berbagai pelesetan yang membuat pentun karmina kurang bermakna. Karmina berasal dari budaya melayu namun sering digunakan di teater betawi seperti lenong. Melalui metode ini, pantun karmina menjadi pantun yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia walaupun kita sering tidak menyadarinya.

Pantun karmina bisa dengan mudah kita buat sebagai pantun anak-anak karena jumlahnya yang hanya dua baris dengan pola aa dan biasanya digunakan sebagai pantun nasihat. Dengan kosakata yang singkat dan mudah, pantun karmina menjadi sangat cocok dibuat sebagai pantun anak-anak.

Contoh karmina yang dibuat ke pantun anak-anak

Sikap senohong gelama ikan duri Berkata bohong lama-lama mencuri

Kerbau kurus banyak tangan Hidup lurus banyak teman

Sebab pulut ular berbisa Anak penurut pasti bisa

Candi mendut rusak jalannya Anak gendut banyak sakitnya

Sudah gaharu cendana pula Sudah tahu bertanya pula

Gendang gendut tali kecapi Kenyang perut senang hati

Itulah berbagai contoh pantun karmina yang cocok digunakan sebagai pantun anak-anak.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» contoh karmina » pantun karmina » contoh karmina nasehat
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan