Tips Kecantikan & Kesehatan
Mar 2, 2017

Posted in Tips Kesehatan Anak

Kiat Dan Tips Anak Susah Makan

Tips Kecantikan

Buah hati anda susah makan? Jangan emosi dulu ya bu. Berpikir dengan tenang dan siapkan strategi. Berikut memberikan beberapa kiat yang bisa dimanfaatkan :

  • Untuk ibu bekerja, luangkan waktu sebentar namun berkualitas untuk menyuapi anak, karena sesungguhnya anak mengerti kalau ibunya bekerja.
  • Berikan kesenangan psikis kepada anak yang sesuai dengan usianya, dan buatlah agar suasana hatinya senang, contoh sebelum makan kita biasakan untuk membaca doa dengan cara menyenangkan. Masalah utama anak susah makan itu 6 bulan sampai 2 tahun. ”Asal usia itu terlewati dengan bagus, Insya Allah ke depannya tidak ada masalah.”, tutur dr Soeroyo MAchfudz, SpA(K) MPH dari Yogyakarta.
  • Pada saat ibu dan suami pulang kerja, pertama kali yang harus dipegang atau disapa adalah anak, tanyakan hal-hal menarik yg hari ini dia alami dan tanyakan juga pengalaman makannya hari ini. Jangan memaksa anak makan. Bagaimana bila anak tidak mau sayur, tahu-tempe, dan makanan bergizi lainnya? Soeroyo menyarankan sebaiknya anak ‘dilaparkan’ dulu. ”Tetapi, kita siapkan makanan yang sudah kita programkan, nanti berangsur-angsur dia akan mau, tetapi memang perlu telaten, disiplin.”, jelas dia.
  • Dari kecil sudah kita terapkan penghargaan dan hukuman yang mendidik. Contoh, pada waktu anak mau makan, anak diberi pujian, diajak jalan-jalan, ciuman dan pelukan. Bila tidak mau makan, katakan, misalnya, ibu atau ayah tidak mau bermain boneka atau mainan kesukaannya bersama-sama lagi, tidak mau jalan-jalan lagi.
  • Untuk anak diatas 1 tahun. Buatkan makanan yang bervariasi agar anak tidak bosan dengan menu makanannya. Hidangkan dengan bentuk yang menarik.
  • Untuk bayi mengalami perubahan makanan seperti enam bulan, sembilan bulan satu tahun, dia akan merasa-rasakan karena rasanya aneh sehingga kadang dimain-mainkan seperti dimuntahkan, ini harus dimasukkan lagi. Prinsipnya bila makanan tersebut dimuntahkan, harus sedikit-sedikit dan makanannya harus lebih cair lagi.
  • Pada kasus anak yang mengalami gangguan psikis yang manifestasinya pada lambung dengan muntah bisa teratasi kira-kira setelah tiga tahun. Tetapi, kasus seperti itu jarang dan tidak menjadi masalah asal kebutuhan gizi, kalori, lemak, proteinnya tercukupi.

Anak Susah Makan Menurut Psikologis

Dilihat dari segi psikologis anak susah makan, penyebabnya adalah (Tabloid Nakita):

1. Cemas

Rasa cemas ini paling sering dialami anak batita. Contoh, ketika orangtuany bekerja dia takut tidak diperhatikan lagi, cemas berada di lingkungan baru, Kecemasan yang timbul sering kali disertai gejala-gejala fisiologis maupun perilaku seperti gelisah, berkeringat dingin, berdebar-debar, sulit konsentrasi, susah tidur, dan sebagainya. Kondisi-kondisi ini berpengaruh pada pola makan anak, termasuk membuat anak susah makan.

2. Depresi

Depresi pada anak bisa menimbulkan dua masalah makan, yaitu makan tidak terkendali (berlebih) sehingga menjadi obesitas atau ia menjadi sulit makan. Depresi banyak dialami anak usia sekolah. seperti diejek, digoda, mendapatkan kekerasan, dan sebagainya.

3. Hubungan yang tak harmonis dengan orangtua.

Ketika anak makan dan rewel, lalu orangtua tidak sabar dan memaksa anak, maka peristiwa makan tersebut akan menjadi hal yang tidak menyenangkan. Akibatnya, anak pun jadi susah makan. Dalam hal pola asuh, orangtua tidak memberikan makanan yang beraneka ragam, itu membuat anak bosan dan tidak bisa merasakan jenis makanan lain yang beragam. Akibatnya, anak menjadi pilih-pilih makanan. Ujung-ujungnya, anak susah makan.

4. Kondisi rumah tangga yang bermasalah

Anak sudah bisa merasakan apa yang dia dengar dan dia lihat dalam kehidupannya. Mana keluarga yang bisa membuat dia nyaman mana yang tidak. Orangtua yang sering bertengkar di depan anak kemungkinan besar akan mempengaruhi kondisi psikologis anak, dan salah satunya akan membuat anak susah makan karena dia tidak nyaman di dalam rumahnya sendiri.

Tips Kecantikan

Untuk itu mari kita berusaha bagaimana caranya agar buah hati kita makan makanan yang bergizi agar tubuhnya sehat dan selalu ceria. Karena harga berharga dalam hidup berumah tangga adalah anak yang sehat dan selalu memberikan keceriaan.

Nah itulah kiat dan tips anak susah makan, semoga dengan membaca artikel ini anda bisa mengatasi anak anda yang susah makan.

 

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>