Tips Kecantikan & Kesehatan
Jun 9, 2017

Posted in Tips Kesehatan Anak

Informasi Seputar Perawatan Bayi Prematur

Tips Kecantikan Informasi Seputar Perawatan Bayi Prematur

Bayi prematur adalah bayi yang dilahirkan kurang bulan yaitu, kurang dari 38 minggu.

Berbagai gangguan kesehatan dapat dialami oleh bayi prematur. Gangguan kesehatan yang dapat dialami bayi prematur antara lain gangguan kesehatan mental, gangguan pada organ dalam bayi. Hal ini dapat terjadi karena perkembangan otaknya dan perkembangan organ tubuh belum sempurna.

Perawatan bayi prematur memerlukan perhatian yang lebih serius dibanding dengan bayi yang lahir cukup bulan. Bayi prematur menjadi masalah kesehatan yang dialami baik negara maju juga negara berkembang. Kematian bayi akibat bayi dilahirkan kurang bulan cukup tinggi di negara berkembang. Berdasarkan data WHO, Indonesia menduduki peringkat kelima yang melahirkan banyak bayi prematur.

Minimnya pengetahuan dan informasi menjadi sebab penanganan dan perawatan bayi prematur menjadi kurang optimal dan kadang kurang tepat. Ada beberapa sebab yang menyebabkan bayi lahir kurang bulan, yaitu adanya infeksi karena penyakit, terjadinya gizi buruk, obesitas pada ibu, diabetes pada ibu, usia ibu yang tua, dan sebab lainnya.

Tips Kecantikan

Perawatan Bayi Prematur

Perawatan bayi prematur, bagi sebagian orang tentu tidak mudah. Perawatan bayi prematur memerlukan ketelitian dan hati-hati. Selain itu, dibutuhkan ketelatenan dalam merawat bayi prematur. Pengetahuan tentang perawatan bayi prematur dapat diperoleh melalui berbagai sumber, antara lain dokter atau tenaga kesehatan, majalah, koran, televisi, atau internet.

Ada dua kemungkinan bayi prematur dalam perawatannya. Bila kondisi bayi diduga ada kelainan atau lemah, memerlukan bantuan alat bantu, dan pantauan dari tenaga kesehatan, sehingga bayi tersebut memerlukan penanganan yang intensif dari tenaga kesehatan, maka bayi prematur harus dirawat di rumah sakit.

Namun, apabila kondisi bayi prematur terlihat sehat dan kuat menurut dokter, maka bayi prematur dapat dirawat dan dibawa pulang ke rumah. Meskipun begitu tetap saja memerlukan perlakuan yang berbeda dibanding bayi yang lahir cukup bulan. Perawatan bayi prematur yang dapat dilakukan oleh ibu antara lain: melakukan metode kangguru; sebisa mungkin jauhkan bayi dari gangguan suara keras atau bising, dan cahaya yang terang; jaga bayi prematur dari kelelahan fisik; dan berikan stimulasi bagi bayi. Selain itu, bayi harus diberi ASI sesuai keinginan bayi.

Metode Kangguru Bagi Perawatan Bayi Prematur

Bayi prematur yang dirawat dengan metode kangguru dan perawatan yang mengikuti aturan yang telah disebutkan di atas, akan memberikan manfaat bagi bayi prematur antara lain: bayi lebih cepat bertambah berat badannya, meningkatkan ikatan batin antara ibu dan anak; mengurangi stress bagi bayi dan ibu; memberikan rasa aman dan nyaman bagi bayi; dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi dari serangan penyakit.

Dengan perawatan yang benar, bayi prematur dapat tumbuh layaknya bayi normal.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» informasi tentang bayi prematur » pengetahuan tentang bayi prematur com » Seputar bayi premarur
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>