Tips Kecantikan & Kesehatan
Jul 8, 2014

Posted by in Tips Kesehatan Anak

Dongeng Dan Pengaruhnya Pada Psikologi Anak

Tips Kecantikan Dongeng Dan Pengaruhnya Pada Psikologi Anak

Psikologi Anak. Banyak hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mempererat hubungan dengan anak, salah satunya dengan dongeng. Selain dapat mempererat hubungan antara anak dan orangtua, dongeng juga berpengaruh pada Psikologi Anak.

Namun sayang sekali kini jarang sekali orangtua yang melakukan hal ini dengan berbagai alasan. Karena sibuk bekerja dan lelah setelah sampai di rumah, karena anak sudah menonton TV dan tidak membutuhkan dongeng, dan lain sebagainya. Padahal banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan dengan mendongeng yang sangat berpengaruh pada psikologi anak.

Dongeng dapat mengasah imaginasi anak dan kreatifitasnya. Dengan dongeng, anak akan membayangkan semua hal yang ada di dalam cerita dengan gayanya sendiri. Otaknya akan terus bekerja dan ini mengasah daya pikir kreatifnya. Selain itu dongeng juga dapat mengasah daya ingat anak. Setelah membaca dongeng, coba bunda kembali bertanya kepada anak, siapa saja nama tokoh yang ada dalam dongeng. Anak akan mengembalikan memorinya dan mencoba mengingat.

Memilih Cerita Dongeng Yang Baik Untuk perkembangan Psikologi Anak

Memilih cerita adalah hal yang terpenting dalam mendongeng, karena ini juga memiliki pengaruh besar dalam perkembangan Psikologi Anak. Dengan cerita yang baik, anak akan membangun rasa empati, kesabaran, dan semangat. Pemilihan cerita harus tepat dan sesuai dengan bahasa anak. Jangan memilih cerita dengan bahasa yang sulit dicerna.

Di akhir cerita, sebaiknya bunda menyampaikan hikmah apa yang dapat diperoleh dan harus dipelajari. Jelaskan sebab akibat yang akan diterima jika melakukan sesuatu, anak akan belajar dan memahaminya. Mendengarkan dongeng akan sangat berbeda dengan menonton TV. Dengan dongeng, anak akan membayangkan tokoh dan latar cerita sesuai dengan imajinasinya. Imaginasi tiap anak pasti berbeda dan proses ini adalah proses pengembangan kreatifitas anak.

Manfaat lain dalam mendongeng

Hubungan antara anak dan orangtua harus tetap dijaga karena hal ini akan berpengaruh besar terhadap perkembangan psikologi anak. Jangan sampai anak merasa kekurangan kasih sayang dari orangtuanya, apalagi jika kedua orangtua bekerja dan memiliki sedikit waktu untuk anak. Mendongeng adalah kesempatan yang tepat untuk menjalin hubungan baik antara orangtua dan anak.

Meluangkan sedikit waktu setelah pulang kantor untuk mendongeng bukanlah hal yang sulit. Lakukanlah untuk anak anda, hanya beberapa menit untuk membantunya mengembangkan kreatifitas dan imajinasinya, dan bunda akan memiliki hubungan yang lebih erat dengan anak-anak. Kembangkanlah Psikologi Anak dengan mendongeng. Banyak sekali buku dongeng yang dijual di toko buku. Bunda harus memilih cerita yang baik untuk anak-anak bunda.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» dongeng anak tentang kesehatan » kekurangan dari membaca dongeng
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan