Tips Kecantikan & Kesehatan
Mar 21, 2014

Posted by in Tips Kesehatan Anak

Bijak Memilih Pendidikan Anak Usia Dini

Tips Kecantikan Bijak Memilih Pendidikan Anak Usia Dini

Ayah dan bunda pasti ingin memberikan pendidikan anak yang terbaik untuk buah hatinya. Ketika buah hati lahir sudah terbayangkan kelak si buah hati akan disekolahkan sejak usia dini, bahkan seringkali terjadi ayah dan bunda sudah punya incaran sekolah untuk sang buah hati.

Fenoma ini sekarang menjadi suatu trend terutama di kota kota besar. Rasanya bangga ketika ayah dan bunda bisa mengatakan kalau “baby-nya” sudah bersekolah di sekolah “A”.  Tapi apakah pola berpikir mengenai pendidikan anak di usianya yang masih sangat dini ini tepat dan bijak untuk sang buah hati?

Kapan Dan Dimana Pendidikan Anak Terbentuk

Ayah bunda…seorang professor pendidikan dari Universitas Chicago, Benyamin S. Bloom mengatakan 50% potensi hidup manusia terbentuk ketika bayi masih berada di dalam kandungan sampai berusia 4 tahun.  Lalu 30% potensi berikutnya terbentuk sejak usia 4-8 tahun.  Artinya 80% potensi hidup manusia terbentuk di dalam rumah, sebelum anak memasuki usia sekolah.  Artinya rumah adalah sekolah terbaik bagi anak usia dini untuk mendapatkan nilai nilai kehidupan dan orang tua adalah guru terbaik yang dibutuhkan anak untuk menjadikannya sebagai manusia yang pandai dan berkarakter.

Tetapi jika ayah dan bunda ingin memberikan pendidikan anak usia dini di lembaga formal bukanlah suatu kesalahan asal ayah dan bunda bisa bijak memilih lembaga yang tepat yang bisa memberikan pendidikan sesuai dengan tahap tumbuh kembang sang buah hati. Dan tidak melupakan hak-hak sang buah hati diumurnya yang memang masih memerlukan waktu bermain yang dominan.

Menurut Byrnes (Peraih gelar Woman of the Year dari Vitasoy di Australia) di lembaga pendidikan anak usia dini yang bagus, anak-anak akan belajar menjadi pribadi yang mandiri, kuat bersosialisasi, percaya diri, punya rasa ingin tahu yang besar, bisa mengambil ide, mengembangkan ide, pergi ke sekolah lain dan siap belajar, cepat beradaptasi, dan semangat untuk belajar

Dalam memilih lembaga pendidikan formal untuk pendidikan anak usia dini, ayah bunda harus jeli menilai apa yang akan diajarkan untuk sang buah hati. Sekolah yang baik adalah sekolah yang dapat menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Dilengkapi dengan pola asuh yang tepat dari guru terbaik anak yaitu ayah dan bunda dan didukung oleh lingkungan dan suasana rumah yang menyenangkan dan penuh cinta dan kasih sayang ayah bunda….sang buah pasti akan menjadi manusia dengan prestasi dan  karakter yang membanggakan.

Sekali lagi ayah dan bunda, bijaklah memilih pendidikan anak untuk usia dini dan jangan menyekolahkan anak diusianya yang masih sangat belia hanya karena gengsi dan trend semata.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan