Tips Kecantikan & Kesehatan
Jul 17, 2014

Posted in Tips Kesehatan

Penyakit Kaki Gajah

Tips Kecantikan

Penyakit Kaki gajah adalah sejenis penyakit menular yang terjadi akibat cacing filaria. Cacing tersebut ditularkan oleh berbagai macam jenis nyamuk melalui ggitan yang memudahkan larva cacing menyerang sistem jaringan limpa manusia.

Kaki gajah memang bukan penyakit yang mematikan namun membuat si penderita merasa sangat malu dan mengganggu aktivitas fisik sehari-hari. Selain itu penyakit ini merupakan penyakit menetap pada tubuh manusia bila tidak segera mendapatkan penanganan, pembesaran akibat kaki gajah pun bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain seperti lengan, dan alat kelamin.

Salah satu hal yang perlu diingat bahwa kaki gajah dapat menular dengan sangat cepat karena ada 23 jenis nyamuk yang sanggup membawa larva cacing filariasis ke dalam tubuh manusia. Kaki gajah biasa menyerang seseorang ketika usia kanak-kanak dan memerlukan waktu lama baru kemudian si penderita dapat merasakannya.

Gejala klinis kaki gajah

  • Demam berulang-ulang selama 3 hingga 5 hari.
  • Pembengkakan gelenjar getah bening tanpa luka yang tampak merah, dan terasa sakit.
  • Radang saluran kelenjar getah bening yang terasa sakit.
  • Nanah dan darah yang pecah akibat seringnya pembekakan gelenjar getah bening.
  • Pembekakan lengan, buah dada, dan tungkai yang terasa sakit dan panas.

Mencegah timbulnya kaki gajah

Ciptakanlah lingkungan yang bersih serta bebas dari nyamuk demi menghindari tertularnya penyakit kaki gajah. Pemberantasan nyamuk berupa fogging ini sangat membantu dalam pemberantasan mata rantai penularan. Selain itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan di puskesmas atau dokter untuk mengetahui apakah seseorang terbebas dari gejala kaki gajah atau tidak.

Pengobatan penyakit kaki gajah

Ketika seseorang mengetahui adanya penyakit kaki gajah pada dirinya, maka segeralah ke rumah sakit agar dilakukan pembasmian larva yang berkembang pada tubuh penderita. Pembasmian berguna untuk mengurangi dan menekan laju penularan.

Tips Kecantikan

Untuk tahap selanjutnya, penderita bisa langsung diberikan Dietilkarbasin yang merupakan obat ampuh dalam membasmi filariasis. Obat tersebut memang tergolong murah dan aman. Ketika menggunakan dieltibasin, penderita kaki gajah kemungkinan akan mengalami efek samping sistemik yang bersifat sementara.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
ยป foto kaki gajah
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan