Tips Kecantikan & Kesehatan
Jun 4, 2012

Posted in Tips Kesehatan

Mudahnya Menjaga Kesehatan Kaki

Tips Kecantikan Mudahnya Menjaga Kesehatan Kaki

Kesehatan Kaki. Setiap hari kita pasti berjalan kaki dan saking biasanya, kita sering luput memperhatikan menjaga kesehatan kaki. Padahal sebagai penopang tubuh, tugas sepasang kaki kita tidaklah mudah.

Kaki-kaki kita adalah fondasi tubuh yang sebenarnya. Ketika kaki tidak berfungsi sebagai mestinya, barulah kita sadar pentingnya menjaga kesehatan kaki.

Selain padicure atau foot spa, yang berikut ampuh juga lho untuk menjaga kesehatan kaki

  • Potong Kuku Dengan Pas

Ternyata dalam hal menjaga kesehatan kaki kita jangan sepelekan urusan yang satu ini. Salah memotong bisa menyebabkan kuku menekuk ke dalam jari. Hindari memotong kuku terlalu pendek atau membuat sudut kuku dipotong menancap ke kulit. Kuku yang tumbuh ke dalam bisa menyebabkan bengkak dan infeksi pada kaki. Jika hal ini terjadi, kompres jari yang bengkak dengan air bersuhu kamar agar kulit atau jari-jari lain yang masih sehat tak terkena imbasnya.

  • Hindari Kapalan

Atau callus merupakan penebalan kulit yang diakibatkan adanya tekanan berlebihan yang terus-menerus, sebagai cara tubuh melindungi bagian yang mendapat tekanan berlebihan tersebut. Jika terjadi callus, hindari memotong bagian kulit yang mengalami penebalan. Lebih baik rendam dalam air sabun hangat selama 5 menit, lalu sikat lembut dengan menggunakan sikat gigi bekas atau batu apung halus. Setelah kering, oleskan krim khusus kapalan. Ke depannya, hindari sepatu yang sempit atau keras, karena bisa memberi tekanan yang berlebihan.

  • Pelembab Khusus Kaki

Kaki terutama bagian tumit termasuk kulit bagian kaki yang paling tebal dibandingkan bagian kaki yang lain. Selain itu, kulit kaki juga termasuk bagian yang cenderung kering. Tidak heran, problem kulit pecah-pecah sering terjadi di bagian ini. Walaupun terlihat sebagai bagian dari masalah kecantikan, jika masalah kulit pecah sudah parah, hal tersebut dapat menimbulkan nyeri bahkan pendarahan. Kaki sebagai fondasi; berdiri terlalu lama, kelebihan berat badan hingga sepatu tumit terbut semua berpotensi membuat kulit tumit pecah. Karenanya sangat dianjurkan untuk mengoleskan pelembab seperti foot balsam atau foot cream pada bagian ini sebagai bagian dari menjaga kesehatan kaki.

  • Hindari Berjalan Tanpa Alas Kaki

Berjalan tanpa alas kaki tidaklah dianjurkan baik di tempat panas maupun basah. Di tempat panas bisa menimbulkan rasa terbakar pada kaki bahkan melepuh. Sedangkan di tempat basah seperti kolam renang, membuat rentan kaki terhadapa infeksi jamur. Akibat dari infeksi jamur adalah kulit menjadi gatal, merah dan bersisik. Infeksi jamur pada kulit kaki bisa juga menular pada kuku yang ditandai dengan perubahan warna pada kuku kaki dan kuku menjadi rapuh. Jika hal ini terjadi, segera konsultasi dengan spesialis kulit.

  • Jaga Kebersihan Kaki

Ingat pepatah; bersih pangkal kesehatan ? Hal tersebut berlaku juga dalam menjaga kesehatan kaki. Ketika mandi, bersihkan kaki dengan cermat termasuk celah jemari juga celah diantara kuku. Kaki yang kurang kering sehabis mandi dapat ditumbuhi bakteri atau jamur. Jika bakteri atau jamur ini bertemu dengan keringat, maka timbullah bau yang tidak sedap (bau kaki). Dalam menjaga kebersihan kaki; pastikan kaki dalam keadaan kering sebelum memakai kaos kaki yang bersih dan kering. Bila perlu, pakai bedak kaki.

  • Pilih Sepatu Sesuai Bentuk Telapak Kaki

Kenali bentuk telapak kaki Anda sebelum membeli alas kaki. Ada beberapa bentuk telapak kaki yang umum dijumpai; high arch (lengkungan terlalu tinggi) dan flat feet (tidak melengkung sama sekali atau datar). Namun yang umum adalah yang melengkung. Setelah itu, carilah yang sesuai; lakukan pemesanan jika memang dibutuhkan. Karena memaksakan sepatu yang dijual umum dan tidak sesuai dengan bentuk telapak kaki akan membuat Anda tidak nyaman sepanjang hari.

  • Lakukan Latihan Ringan

Kaki juga perlu olah raga dalam upaya menjaga kesehatan kaki. Jika sehari-hari merasa kesemutan pada kaki. Itu tandanya Anda sudah duduk terlalu lama. Atau merasa pegal karena berjalan terlalu lama ? Keduanya adalah indikasi tidak lancarnya aliran darah pada bagian kaki. Lakukan latihan berikut untuk peregangan.

a) Pada posisi berdiri, berjinjitlah. Lalu kembali ke posisi semula.

b) Angkat telapak kaki ke arah depan sambil tetap bertumpu pada tumit (kebalikan dari jinjit)

Tips Kecantikan

c) Lakukan bergantian selama beberapa 5 menit.

d) Atau letakkan bola tenni di bawah telapak kaki, lalu gulirkan dari ujung jari sampai ujung tumit selama 3 menit.

Ternyata, menjaga kesehatan kaki itu mudah ya !

Hasil pencarian artikel ini dengan:
ยป kesehatan kaki bengkak
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>