Tips Kecantikan & Kesehatan
Jun 14, 2012

Posted by in Tips Kesehatan

Mengenal Jenis Dan Fungsi Alat Kesehatan

Tips Kecantikan Mengenal Jenis Dan Fungsi Alat Kesehatan

Dalam dunia medis ada yang di sebut Alat Kesehatan, nah alat kesehatan inilah yang biasa digunakan oleh para dokter untuk mendiagnosa (cek) penyakit yang di alami pasian.

Tanpa bantuan alat kesehatan dunia medis modern bisa di bilang juga tida akan berjalan. Jadi, kegunaan dari alat kesehatan sangatlah penting. Dan apa anda tahu apa saja alat kesehatan yang sering di gunakan di rumah sakit dan para dokter.

Berikut beberapa alat kesehatan yang umum kita lihat dan deskripsi fungsinya.

Pertama, Stetoskop

Stetoskop adalah salah satu alat yang sudah menjadi simbol dari profesi kedokteran. Wajib bagi seorang dokter untuk memiliki alat kedokteran ini. Fungsi dari stetoskop ini adalah untuk mendengarkan detak jantung, suara usus, dan lain sebagainya. Dengan kemampuannya ini, Stetoskop dapat digunakan pula untuk mengetahui kerja paru-paru dan juga untuk mengukur tekanan darah dengan mendengarkan denyut nadi.

Kedua, Tensimeter

Alat kedokteran ini dipergunakan untuk mengukur tensi atau tekanan darah. Dipergunakan untuk pemeriksaan pasien hipertensi, anemia, dan lain sebagainya. Ada dua jenis tensimeter yaitu tensimeter air raksa dan tensimeter digital.

Tensimeter air raksa di luar negeri saat ini sudah dilarang untuk digunakan lagi karena bahaya dari air raksanya jika tensimeter tersebut pecah. Tensimeter digital sendiri lebih canggih dan praktis dipergunakan, namun harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan yang konvensional.

Ketiga, Termometer

Termometer adalah alat kedokteran yang dipergunakan untuk mengukur suhu tubuh. Ada dua jenis termometer yaitu termometer raksa dan digital. Perbedaannya terletak pada alat pengukurnya.

Untuk termometer digital, jika suhu tubuh sudah di dapat maka alat tersebut akan mengeluarkan bunyi dengan sendirinya sedangkan termometer raksa sendiri deteksinya memakan waktu yang lama, sehingga kurang efisien untuk dipergunakan. Ini salah satu alat yang wajib dimiliki dan tersimpan di kotak P3K Anda.

Tentunya bukan hanya tiga itu saja, masih ada puluhan bahakan ratusan alat kesehatan lainnya. Namun pada umunya yang sering kita lihat menemani di meja sang dokter hanya tiga alat itu. Apabila ingin tahu lebih banyak mengenai jenis serta fungsi yang lain anda bisa mencari informasi tentang alat kesehatan dengan berbagai literature atau langsung berkunjung ke rumah sakit dan bertanya kepada dokter.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» alat kesehatan dan fungsinya » fungsi stetoskop » gambar alat kesehatan dan fungsinya
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
  1. Adnyanii Adnyanii says:

    BENTUKNYA MANNA

  2. Hafizah Ramadhani says:

    gambaran ny donk

  3. Princcessz Angelyca says:

    tidak lengkap dan tidak jelas

Leave a Reply

Tips Kecantikan