Tips Kecantikan & Kesehatan
Feb 2, 2014

Posted by in Tips Kesehatan

Mengenal dan Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Tips Kecantikan Mengenal dan Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah salah satu penyakit yang sering menyerang kaum wanita. Terbukti bahwa 2 dari 10 wanita bisa terjangkit penyakit ini setidaknya satu kali semasa hidupnya.

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri yang masuk ke kandung kemih atau ginjal. Bakteri yang masuk bisa melalui saluran kencing yang disebabkan oleh vagina yang kurang terawat kebersihannya maupun gaya hidup dengan berganti-ganti pasangan seksual. Penyebab lain yang bisa berasal dari kebiasaan sering menahan kencing, kurang minum, ataupun dengan pola makan yang tidak sehat sehingga memberatkan kerja ginjal.

Faktor kesehatan pun mempengaruhi masuknya bakteri ke dalam tubuh sehingga saat daya tahan tubuh menurun, bakteri yang penyebab infeksi masuk dan menyerang tubuh.

Gejala-gejala yang di biasanya dirasakan oleh penderita infeksi saluran kemih adalah rasa ingin buang air kecil terus menerus tetapi hanya sedikit air seni yang keluar atau anyeng-anyengan, rasa sakit pada saat buang air kecil atau setelahnya, rasa nyeri pada pinggang, air seni yang berwarna kemerahan dan pekat yang terkadang di sertai darah bahkan terkadang penderita yang sudah parah akan mengalami demam tinggi, rasa mual ingin muntah dan rasa sakit di tulang rusuk bagian bawah tubuh.

Infeksi saluran kemih bukanlah penyakit yang tidak bisa di sembuhkan, tetapi alangkah baiknya jika kita menjaga diri untuk mencegah penyakit ini.

Berikut ini adalah beberapa pencegahan Infeksi Saluran Kemih yang bisa kita lakukan.

1. Membiasakan diri meminum air putih minimal 8 gelas per hari. Air putih sangat berguna untuk menetralkan kadar asam sehingga membantu kerja ginjal dan mengurangi kemungkinan terkena infeksi.

2. Jika anda sudah merasa ingin buang air kecil, maka segera lakukanlah, jangan di tahan-tahan. Terlalu sering menahan kencing dapat mengakibatkan bakteri datang dan bertumbuh di dalam saluran kencing.

3. Merawat kebersihan vagina setelah buang air kecil dan besar. Kotoran dan air seni yang tersisa di sekitar vagina akan menimbulkan bakteri penyebab infeksi. Membersihkan vagina dari arah depan ke belakang dapat mencegah bakteri yang ada kembali ke saluran kencing. Membersihkan alat kelamin pada pria maupun wanita sebelum dan sesudah berhubungan seksual sangat membantu mengurangi resiko terkena infeksi ini.

4. Lakukan kebiasaan hidup sehat, dengan rajin berolah raga setidaknya 2 kali seminggu akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh. Kebiasaan hidup sehat lain yaitu menjaga pola makan yang teratur, memperbanyak serat dan sayuran serta mengurangi makanan dengan kadar asam yang tinggi juga baik untuk mencegah kita terkena penyakit infeksi saluran kemih.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» buang air kecil sakit dan hanya sedikit » Pengen kencing terus » pagina terasa mau keluar kencing terus tapi sedikit
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan