Tips Kecantikan & Kesehatan
Jun 14, 2014

Posted by in Tips Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Dengan Kembali Ke Alam

Tips Kecantikan Cara Menjaga Kesehatan Dengan Kembali Ke Alam

Cara Menjaga Kesehatan dengan kembali ke alam, akan mampu menyelaraskan kehidupan manusia menjadi sehat dan sejahtera, karena manusia adalah bagian dari alam itu sendiri.

Di Indonesia, jamu sebagai bagian dari obat herbal yang secara luas diterima masyarakat dalam rangka salah satu cara menjaga kesehatannya. Departemen kesehatan pernah melakukan riset pada tahun 2010 mengenai pemanfaatan jamu di Indonesia. Hasilnya 59,12% penduduk Indonesia pernah mengkonsumsi jamu. Dari jumlah tersebut 95,6% mengakui merasakan manfaatnya.

Cara menjaga kesehatan dengan konsep “back to nature” atau kembali ke alam,mulai bergaung di tahun 1990-an. Seruan kembali kea lam ini juga sering dipahami sebagai anti “bahan kimia”.

Menyelaraskan hidup dengan menjaga kesehatan, bukan hanya tentang obat-obatan atau memanfaatkan bentuk materialnya saja, yang lebih penting justru, memahami hakikatnya untuk mencegah penyakit dan merawat kesehatan.

Cara menjaga kesehatan dengan kembali ke alam, adalah cara menikmati hidup sehat yang sangat mudah:

1. Sayur dan Buah

Cara menjaga kesehatan yang satu ini sudah banyak orang yang tahu sebenarnya,yaitu menjadikan sayur dan buah sebagai sumber karbohidrat, padukan bersama lauk pauk yang diolah minimalis, seperti pepes tahu, ikan atau jamur, dengan tetap memenuhi gizi seimbang.

2. Ritme Biologis

Jika belum percaya diri untuk mengganti beras sebagai sumber karbohidrat,coba sesuaikan waktu konsumsinya dengan siklus kerja organ pencernaan.

Pada sekitar pukul 4 pagi sampai pukul 12 siang,tubuh focus pada proses pembuangan. Pukul 12 siang sampai pukul 8 malam focus pada proses pencernaan. Sedangkan mulai pukul 8 malam sampai pukul 4 pagi focus pada penyerapan sari-sari makanan.

3. Lupakan gula olahan

Kemampuan tubuh dalam menerima gula sangat terbatas, lonjakan gula dalam darah secara otomatis akan memerintah tubuh untuk mengeluarkan hormone insulin. Insuin bertugas menjaga agar gula darah dala tubuh tetap berada dalam level yang aman. Namun lonjakan gula yang tinggi akan membuat produksi insulin meroket ketika berusaha menekan kadar gula,dan tubuh menyimpan hasil olahan dalam hati. Sayangnya daya tamping hati terbatas, jika mengkonsumsi gula terus-menerus, kadar gula akan berubah menjadi tumpukan lemak.

4. Susu bukan minuman wajib

Susu merupakan makanan sementara yang di ciptakan Tuhan untuk manusia, ketika gigi dan system pensernaan belum sempurna. Mulai usia 2 tahun, gigi manusia mulai komplit, enzim-enzim di sepanjang saluran pencernaan sudah siap, dan organ-organ di dalamnya pun sudah kuat mengkonsumsi makanan padat. Sebaliknya pada saat yang sama enzim-enzim yang bertugas mencerna susu sudah tidak bekerja optimal lagi.

5. Minum air putih

Air adalah modal utama untuk membangun sel, mengangkut oksigen dan mencegah penuaan dini pada sel, mengatur suhu tubuh, menjaga darah agar tidak mengental, melumasi persendian agar tidak mudah patah. Kurang minum air putih, membuat fungsi organ menurun.

6. Bergerak

Bergerak adalah hokum alam yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia, didalam tubuh kita sendiripun aliran darah, aliran getah bening, hormone, enzim, cairan otak, impuls saraf semuanya selalu bergerak. Sistem limfatik tubuh yang berperan besar dalam menjaga system imunitas dan metabolisme hanya bisa berfungsi  kalau kita bergerak dengan baik.

7. Jalan keuarnya ada di dalam

Saat kita sedang mengalami masalah emosi atau ada aspirasi secara spiritual yang terhambat, kerja organ dan keseluruhan fungsi tubuh akan terpengaruh. Kita hanya perlu mengolah keterampilan untuk lebih peka terhadap isyarat tubuh,mendengarkan suara hati, dan menjembatani tubuh fisik, emosi serta spiritual menjadi satu kesatuan yang selaras. Caranya bisa melalui meditasi, yoga, taichi dan menjadikan nilai-nilai ibadah sebagai amalan sehari-hari.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» kembali ke alam » cara menjaga rangka » kembali kealam
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan