Tips Kecantikan & Kesehatan
Feb 22, 2015

Posted in Tips Kesehatan

Cara Mengatasi Insomnia

Tips Kecantikan Cara Mengatasi Insomnia

Tidur merupakan suatu kebutuhan dan sangat penting untuk manusia. Selama tidur, organ tubuh beristirahat dan sel ? sel memperbaiki kerusakan tubuh (natural healing mechanism). Asam laktat (karena kelelahan) juga dinetralisir saat tidur sehingga tubuh akan terasa lebih segar saat bangun tidur. Tidur yang berkualitas juga mampu menstabilkan emosi. Insomnia dapat ?menurunkan tingkat motivasi, konsentrasi, kreativitas dan produktivitas.

Insomnia adalah gangguan tidur yang dialami terus menerus ?selama lebih dari sepuluh hari. Ada tiga jenis insomnia, yaitu:
? kesulitan tidur (sleep onset insomnia)
? sering terbangun di tengah malam (sleep maintenance insomnia)
? selalu bangun lebih awal dari yang diinginkan (Awakening early insomnia)

Beberapa faktor yang menjadi penyebab insomnia atau susah tidur, meliputi: kebiasaan buruk, penggunaan obat dan alkohol, gangguan lingkungan dan tekanan psikis/stress.

Berikut adalah cara mengatasi insomnia :

Tips Kecantikan
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein dari sore hingga malam menjelang tidur. Kafein dapat merangsang saraf dan menyebabkan insomnia.
  • Apabila dalam keadaan sakit dan harus meminum obat, baik obat-obatan yang dijual bebas atau di resepkan oleh dokter, periksa label komposisi dan efek sampingnya.
  • Menurunkan ketegangan otot-otot tubuh setelah beraktivitas sepanjang hari dengan cara mandi atau berendam? air hangat sekitar 30 menit sebelum tidur.
  • Jernihkan fikiran dan hilangkan semua kecemasan ketika akan tidur. Jangan memikirkan kesalahan yang telah anda lakukan sepanjang hari.Bagaimanapun kesalahan itu sudah terjadi.
  • Mengatur suasana kamar tidur senyaman mungkin, tenang dan agak gelap. Pastikan anda merasa nyaman dengan suhu ruangan (tidak terlalu panas atau dingin).
  • Minum segelas susu hangat, mendengarkan musik lembut pada volume rendah.
  • ?Mengatur jam tidur dan bangun. Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Pola tidur yang kacau akan mempengaruhi waktu tidur berikutnya.

Insomnia bukanlah ?penyakit bawaan, sehingga anda dapat mengatasi sendiri insomnia yang anda alami. Apabila anda gagal mengatasi insomnia dengan cara mengatasi insomnia diatas,maka anda harus berkonsultasi dengan dokter anda. Lebih baik tidak menggunakan pil tidur tanpa konsultasi dokter. Penggunaannya pun terbatas hanya untuk 2-3 hari dan dapat diulang maksimal tiga kali.

Semoga informasi ini berguna dan selamat tidur.

 

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» cara memperbaiki pola tidur » memperbaiki pola tidur
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>