Tips Kecantikan & Kesehatan
Apr 14, 2012

Posted in Tips Perawatan Wajah

Kiat Menjaga Kesehatan Mata

Tips Kecantikan Kiat Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan Mata. Di zaman sekarang ini, dengan segala hal yang terjadi disekitar kita tanpa disadari telah membuat mata bekerja secara berlebihan dan mengakibatkan tingkat stress pada mata. Akibatnya terjadi peningkatan orang yang  terpaksa memakai kacamata sebagai alternative dalam mengatasinya.

Lalu bagaimana agar mata tetap sehat walaupun sudah memakai kacamata?

Berikut ini beberapa kiat menjaga kesehatan mata:

A.     Atur jadwal pemeriksaan mata

Pemeriksaan pemakaian kacamata atau lensa yang tidak teratur akan membuat masalah dalam menjaga kesehatan mata. Apabila ternyata lensa kontak atau kacamata sudah tidak cocok lagi, maka hentikan pemakaiannya. Bagaimana dapat menjaga kesehatan mata kalau hal ini tidak dihindari, karena akibat pertama yang akan dirasakan adalah sakit pada kepala dan mata yang berlebihan.

B.    Gunakan kacamata hitam anti UV

Apabila keluar rumah apalagi siang hari, usahakan jangan langsung kontak dengan matahari karena sinar UV dapat merusak mata, dan usahakan menggunakan kacamata anti radiasi untuk menjaga kesehatan mata yang mengandung 98% anti radiasi.

C.    Nutrisi untuk mata

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa untuk menjaga kesehatan mata diperlukan sekelompok vitamin dan antioksidan yang dapat mencegah, atau paling tidak dapat mengurangi pertumbuhan katarak dan degenerasi makula. Nutrisi yang baik bagi tubuh juga baik untuk mata.

D.    Penggunaan cahaya yang cukup

Kelelahan mata dapat diakibatkan oleh bekerjanya mata pada cahaya yang kurang cukup, tapi cahaya yang terlalu terang juga tidak baik.  Dan apabila bekerja menggunakan komputer usahakan penerangan didapat dengan menggunakan lampu meja dengan cahaya lembut dari samping. Dan untuk menjaga kesehatan mata kurangi tingkat terang (brightness) monitor, dengan warna yang lebih lebut mata akan juga merasa nyaman.

E.    Istirahatkan mata Anda

Hampir semua orang menyatakan bahwa mata menjadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini dikarenakan kedipan mata 25% lebih sedikit dari biasanya, akibatnya mata menjadi kering. Lakukan hal berikut untuk menjaga kesehatan mata dengan mengistirahatkan mata yakni dengan menutup mata sejenak dan hitung sampai lima sebelum membukanya kembali. Atau alihkan pandangan mata dari layar monitor dan lihatlah dengan fokus pada sebuah objek yang jauh selama beberapa menit setiap 30 menit.

F.     Gunakan lensa kontak dengan kualitas baik

Tips Kecantikan

Gunakan yang aman dengan kualitas yang baik, karena tidak semua lensa bisa digunakan.

G.    Rawat lensa kontak dengan baik

Lensa kontak yang digunakan haruslah dirawat dengan baik, dan apabila sedang tidak digunakan taruhlah ditempat yang bersih setelah dibilas dengan cairan yang tepat.

H.    Gunakan lensa sesuai jadwal yang disarankan

Apabila diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dapat diatasi dengan menggunakan lensa tapi haruslah sesuai jadwal, dan amatlah tidak baik bila pemakaian itu  tidak melihat waktu, karena terjadi penumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan mata.

I.    Disarankan menggunakan filter monitor computer

Untuk mengurangi cahaya yang terlalu berlebih pada layar monitor sangat disarakan dengan memakai filter pada monitor computer. Hal ini dapat mengurangi efek radiasinya sehingga kesehatan mata dapat lebih terjamin.

J.    Letakkan kertas kerja pada tempat yang nyaman

Apabila bekerja dengan kertas kerja, sangat disarankan untuk meletakkan kertas kerja pada jarak yang tepat dengan monitor. Agar dapat membantu mempermudah pengoperasian kerja pada mata.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» kesehatan wajah
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>