Tips Kecantikan & Kesehatan
Apr 14, 2014

Posted in Tips Perawatan Wajah

Hidup Tanpa Kaca Mata

Tips Kecantikan Hidup Tanpa Kaca Mata

Kaca Mata. Memiliki mata minus memang bukan menjadi pilihan yang kita inginkan. Jarak membaca dan menonton yang terlalu dekat, pernah mengalami  kecelakaan di sekitar mata dan penggunaan komputer  yang terlalu lama adalah beberapa dari penyebab mengapa akhirnya kita memakai kaca mata. Untuk sebagian orang menggunakan kaca mata adalah hal yang merepotkan. Repot karena kaca matanya harus dibawa kemana – mana, harus sering dibersihkan, apalagi kalau sampai pecah, aduuuuhhhh….! Tapiiii banyak orang yang belum menyadari kalau mata minus sebenarnya bisa disembuhkan dengan melakukan  senam mata, asal dilakukan dengan rutin dan disiplin.

Dr. William Bates adalah seorang spesialis mata yang telah lama meninggal (1931). Beliau yakin bahwa sebenarnya kita tidak perlu menggunakan kaca mata. Walaupun masih menjadi kontroversi, banyak pengikutnya yang sudah berhasil menurunkan minus matanya. Setelah melakukan percobaan selama bertahun-tahun untuk meningkatkan kemampuan mata agar bisa melihat normal  kembali, diterbitkanlah buku Better Eyesight Without Glasses pada tahun 1920 dan bukunya masih terus terjual sampai hari ini.

Mata menjadi tegang ketika kita ‘tetap ‘ menatap suatu objek  tanpa melakukan gerakan yang konstan. Jadi latihan ini tidak hanya dipakai untuk mengendurkan otot – otot mata dan syaraf optik saja, juga menggunakan memori dan imajinasi untuk meningkatkan koordinasi antara otak dan mata. Selain itu latihan ini juga untuk menghilangkan ketergantungan kita akan kacamata.

Dicoba yuuukkk supaya tidak  bergantung dengan kaca mata ..…

1.       Menggoyangkan bola mata.

Berdiri dan fokuslah pada titik yang jauh, lalu goyangkan bola mata ke kiri dan ke kanan atau berkediplah sabanyak 100X untuk membersihkan dan melumasi mata.

 2.        Berjemur.

Lakukan hal ini sekali sehari. Kegiatan ini membutuhkan hari yang cerah atau lampu dengan cahaya yang bagus. Lihatlah kearah matahari atau cahaya lampu dengan mata tertutup. Perlahan-lahan gerakan kepala ke kiri dan ke kanan hingga hampir menyentuh pundak untuk melancarkan sirkulasi darah ke leher. Lakukan dengan perlahan selama 3 – 5 menit.

 3.        Bersembunyi.

Latihan ini membuat mata rileks dan beristirahat. Duduklah dengan nyaman di depan meja. Kemudian taruh beberapa bantal hingga tingginya sejejer dengan mata. Letakan sedua siku anda di atas bantal dan tutup mata anda dengan dua telapak tangan hingga tidak ada cahaya yang masuk. Bernafaslah dengan santai dan perlahan, nikmatilah kegelapan itu. Lakukan selama 10 menit, 2-3 kali dalam sehari.

 4.       Memilih satu warna dalam sehari.

Pilihlah satu warna berbeda setiap hari dan melihat keluar dengan objek warna yang dipilih sepanjang hari. Ketika melihatnya seseorang akan lebih menyadari warnanya daripada bentuknya.

 5.       Menggeser penglihatan.

Tips Kecantikan

Kebanyakan kita lebih sering menghabiskan waktu di depan layar komputer tanpa mengistirahatkan mata untuk sesaat. Cobalah menggeser penglihatan  anda ke arah lemari, baju yang  kita pakai, kalender di dinding atau pohon diseberang jalan untuk meningkatan penglihatan peripheral dan dapat membantu rabun jauh, raun dekat dan masalah penglihatan lainnya.

Ketika anda sedang melakukan senam ini disarankan untuk melepas kaca mata anda .

Selain itu, ada beberapa hal penting yang juga harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan mata :

  1.  Biasakan untuk mengatur jarak antara mata dengan buku bacaan anda. 30 cm adalah jarak yang disarankan.
  2. Jangan memaksakan diri  untuk membaca  dengan cahaya remang atau terlalu terang. Karena hal itu sama dengan memaksa mata untuk bekerja lebih keras yang akhirnya akan melemahkan otot mata itu sendiri karena mata sudah terakomodasi.
  3. Rutinlah memeriksakan kondisi mata anda ke spesialis mata untuk mengetahui  apakah mata anda masih berfungsi secara optimal. Bila anda merasa pandangan anda tidak fokus / kabur, jangan menunda lebih lama, karena hanya akan memperparah penglihatan anda.
  4. Nyalakan lampu ketika anda sedang menonton TV agar syaraf mata anda tidak bekerja terlalu keras dan mata tidak cepat rusak.
  5. Saat bekerja dengan komputer, jangan lupa untuk mengistirahatkan mata anda 2 jam sekali ( 15 menit). Alihkan pandangan mata anda pada obyek-obyek yang ada disekitar anda atau pejamkan mata anda.
  6. Biasakan untuk melihat pepohonan yang berwarna hijau. Ini adalah salah satu resep nenek moyang kita yang percaya tidak percaya memberikan efek psikologis yang mampu merangsang syaraf mata untuk bekerja lebih optimal.
  7. Bersihkan layar komputer anda secara rutin. Karena debu yang menempel dilayar, memaksa mata kita untuk bekerja lebih keras.
  8. Gunakan kaca mata khusus untuk komputer. Kaca mata jenis tersebut mampu menahan sinar radiasi yang dipantulkan komputer. Selain itu kaca mata tersebut tidak membuat mata cepat rusak.

Karena itu, jangan pernah menyepelekan indra yang satu ini. Walaupun mata cuma minus ¼ , tetap saja dalam dunia refraksi disebut “cacat”. Kaca mata memang menolong orang-orang yang mempunyai masalah dalam penglihatan. Tapi alangkah baiknya jika kita lebih memilih untuk hidup tanpa kaca mata. Mulailah merawat mata dengan baik dan hati-hati sebelum terlambat.  Ingat, mata adalah jendela dunia.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» cara menghilangkan bekas kacamata » mata sehat tanpa kacamata » cara menghilangkan mata sipit akibat kacamata
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
  1. tips yg sangat bermanfaat, akan saya terapkan pada putra Q,smg berhasil

Tips Kecantikan
build_links(); ?>