Tips Kecantikan & Kesehatan
Aug 8, 2014

Posted by in Tips Perawatan Tangan

Mengenal Kata Cuci Tangan

Tips Kecantikan Mengenal Kata Cuci Tangan

Cuci tangan adalah salah satu sanitasi yang berguna untuk membersihkan tangan dan jemari baik menggunakan cairan pembersih atau tidak.

Cuci tangan bukan hanya sebagai tindakan untuk membersihkan tangan dari kuman namun juga biasa digunakan dalam berbagai kegiatan keagamaan, sebagai contoh, dalam Islam dikenal adanya praktik wudhu yang didalamnya terdapat tindakan cuci atau membasuh tangan sebanyak tiga kali.

Kata cuci tangan juga mengandung kata kiasan yang berarti perilaku membuang aib diri yang biasanya diperuntukkan kepada koruptor atau pejabat kotor. Namun dalam hal ini kita hanya akan membahas pentingnya cuci tangan dalam arti sebenarnya, bukan kiasan.

Pentingnya cuci tangan dengan sabun

Cuci tangan dengan sabun merupakan tindakan yang sangat disarankan dewasa ini. tujuan mencuci tangan dengan sabun adalah memutus mata rantai penyebaran kuman. Bagi anda yang sudah melewati aktivitas luar yang melelahkan, sangat disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun agar terhindar dari bahaya kuman berpenyakit. Dengan menggunakan sabun, anda dapat menghilangkan pathogen mikroorganisme. Lain halnya ketika anda memutuskan untuk cuci tangan dengan air biasa yang tidak dapat melepaskan minyak dan kotoran di tangan anda.

Selain cuci tangan dengan sabun, dikenal pula budaya cuci tangan dengan cairan. Awal terbentuknya ketika cairan alcohol diperkenalkan kepada public untuk cuci tangan dan sejak saat itu cairan pencuci tangan atau cairan sanitasi menjadi semakin populer. Cuci tangan dengan cairan menimpan banyak keuntungan antara lain penggunaannya yang mudah dan praktis. Anda tentu tidak perlu mencari sabun dan air demi mendapatkan tangan yang higienis. Biasanya cairan untuk cuci tangan merupakan alcohol atau etanol yang dicampur dengan pengental seperti gliserin untuk mendapatkan cairan kental bak jelly.

Tetapi disarankan untuk menggunakan sabun ketika cuci tangan karena bakteri-bakteri seperti e-coli dan salmonella tidak bisa dihilangkan dengan cairan cuci tangan.

Cuci tangan dengan sabun – Mencegah berbagai penyakit

Ada banyak manfaat dari cuci tangan dengan sabun, diantaranya dapat mencegah timbulnya penyakit berikut.

- Diare

Merupakan penyakit yang berasal dari banyak kuman penakit yang berasal dari makanan yang tidak dicuci dan berbagai panganan mentah. Tingkat keefektifan cuci tangan dengan sabun untuk mencegah penyakit ini adalah 44%, paling tinggi dibandingkan dengan tisu basah atau cairan pembersih.

- Infeksi saluran pernapasan

Biasanya menyerang anak balita dan melalui cuci tangan dengan sabun, pathogen atau kuman penyakit dapat segera dihilangkan.

- Infeksi cacing

Merupakan infeksi yang terjadi pada mata dan kulit. Selain ketiga penyakit tersebut ternyata cuci tangan dengan sabun dapat mencegah penyakit trakoma, dan cacingan.

Itulah manfaat cuci tangan bagi anda. semoga bermanfaat.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» contoh kalimat cuci tangan » contoh kalimat dari sanitasi » foto perawatan kulit
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan