Tips Kecantikan & Kesehatan
Jun 29, 2012

Posted by in Tips Perawatan Rambut

Resep Alami Untuk Penyubur Rambut

Tips Kecantikan Resep Alami Untuk Penyubur Rambut

Agar penampilan memukau, rambut merupakan salah satu bagian yang perlu diperhatikan nutrisinya sehingga tidak heran banyak Penyubur Rambut yang dijual di pasaran atau bahkan dengan melakukan perawatan ke salon.

Sebenarnya, di sekitar kita banyak terdapat bahan-bahan alami yang memiliki khasiat baik bagi tubuh dan rambut yang bisa dimanfaatkan untuk penyubur rambut.

Berikut ini adalah bahan-bahan alami beserta cara pengolahannya yang bermanfaat untuk penyubur rambut:

1. Bayam

Tanaman berkhasiat untuk penyubur rambut adalah bayam. Untuk pembuatan ramuan, cuci bersih ½ genggam bayam lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan ½ cangkir air matang dan 1 sendok makan madu. Setelah itu diperas dan disaring. Minum 3 kali sehari, setiap kali setengah cangkir.

2. Kemiri

Bumbu dapur ini bisa dimanfaatkan sebagai penyubur rambut. Cara pembuatannya sebagai berikut 6 biji kemiri ditumbuk halus lalu ditambah air secukupnya dan dimasak hingga mengeluarkan minyak. Minyak tersebut digosokkan pada kulit kepala, 3 kali seminggu. Bisa juga dengan ramuan 10 gram kemiri, 6 lembar daun mangkokan, 2 lembar daun pandan wangi, 6 lembar daun urang aring, 50 cc minyak kelapa, 50 cc minyak wijen, 2 kuntum bunga mawar, 14 kuntum bunga melati direbus dengan 2.000 cc air hingga tersisa 1.000 cc. Kemudian rebusan disaring dan dioleskan ke kulit kepala setelah dingin sambil dipijat. Lakukan 2 kali sehari.

 3. Daun dan tangkai seledri

Daun dan tangkai seledri secukupnya, kemudian cuci bersih dan haluskan. Balurkan ke kulit kepala sambil dipijat perlahan dan bilas hingga bersih. Lakukan setiap hari.

4. Minyak kelapa dan jeruk lemon

Pembuatan penyubur rambut dari minyak kelapa dan jeruk lemon adalah sebagai berikut ambil 1 sendok minyak kelapa dan 1 buah jeruk lemon. Jeruk lemon cuci bersih kemudian peras dan ambil airnya. Kemudian campurkan dengan 1 sendok makan minyak kelapa. Lalu oleskan ke kulit kepala sambil pijat halus, diamkan sejenak hingga 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

5. Daun pare

Cara pemanfaatan daun pare untuk penyubur rambut adalah sebagai berikut, siapkan daun pare secukupnya, kemudian cuci bersih dan haluskan. Ketika daun pare ditumbuk, tambahkan air matang sedikit demi sedikit kemudian peras dan saring. Gunakan air perasan tersebut untuk mengoleskan kulit kepala dan diamkan hingga 30 menit, lalu bilas dengan bersih. Lakukan setiap hari.

6. Tali putri (sangga langit/songgolangit)

Ambil beberapa genggam daun tali putri, cuci bersih dan haluskan kemudian ambil lendirnya. Gunakan untuk membasuh rambut dan kulit kepala, diamkan sejenak agar lendir tali putri menyerap hingga akar rambut. Lalu bersihkan hingga tak ada lagi sisa lendir di rambut dan kulit kepala. Lakukan setiap hari.

7. Merang padi dan 1 buah jeruk nipis

Untuk penyubur rambut, ambil segenggam merang padi dan 1 buah jeruk nipis. Bakar segenggam merang padi hingga menjadi abu, kemudian rendam abu merang dengan air secukupnya dan biarkan hingga 1 malam, lalu saring. Lalu tambahkan air perasan jeruk nipis dan gunakan untuk mencuci rambut dan kulit kepala, bilas hingga bersih.

8. Daun kacang panjang

Daun ini dipercaya sebagai penyubur rambut. Untuk membuat ramuannya, gunakan 1 genggam daun kacang panjang dicuci bersih lalu digiling halus.  Tambahkan 2 sendok minyak kastor, lalu diremas-remas. Pemakaiannya digosok-gosok merata di kulit kepala sambil dipijit-pijit seperlunya. Kemudian bungkuslah dengan handuk bersih. Bilaslah pada pagi esok harinya.

9. Kelapa Hijau

Kelapa hijau dapat digunakan sebagai penyubur rambut dengan cara, ambil 1 butir kelapa hijau, buatlah lubang di salah satu bagian. Masukkan garam dapur satu sendok teh, kemudian diembunkan. Gunakan airnya untuk membasuh kulit kepala sambil dipijit-pijit. Lakukan setiap petang hari sesudah mandi, lalu bungkus dengan handuk sampai pagi.

10. Tumbuhan klerak

Untuk penyubur rambut, sediakan 12 buah biji klerak, lalu rendam dalam air panas. Biarkan beberapa saat sampai airnya dingin. Pakailah air rendamannya untuk membasahi kulit kepala sambil dipijit-pijit dengan ujung jari. Bungkus kepala dengan handuk bersih semalam penuh. Bilaslah pada pagi esok harinya.

11. Lidah buaya

Tanaman ini telah lama dikenal sebagai bahan untuk penyubur rambut. Pembuatan ramuannya dengan cara, ambil 1 pelepah daun lidah buaya dicuci bersih. Lalu duri dan kulitnya pada sisi bagian dalam dihilangkan. Gosokkan isi lidah buaya di kulit kepala yang sebelumnya sudah dikeramas pada sore hari. Kemudian bungkuslah dengan handuk bersih. Bilaslah pada pagi esok harinya.

12. Daun Mangkokan

Pembuatan ramuan penyubur rambut dengan bahan daun mangkokan adalah sebagi berikut, ambil 1 genggam daun mangkokan dicuci bersih, lalu ditumbuk sampai halus. Remaslah dengan 2 gelas air masak, lalu disaring. Air perasan inilah yang dipakai untuk menggosok kulit kepala sambil dipijit-pijit. Kemudian bungkus dengan handuk bersih semalaman. Esok harinya bilas sampai bersih.

13. Teh

Teh dapat berfungsi sebagai penyubur rambut dengan cara, ambil 1 mangkuk air teh kental. Embunkan air teh tersebut hingga esok harinya. Sore hari berikutnya setelah mandi, gunakan air teh tersebut untuk membasuh rambut dan kulit kepala sambil dipijit-pijit. Berikutnya bungkus dengan handuk sampai esok harinya dan bilas rambut hingga bersih.

14. Daun Urang-aring

Selain untuk menghitamkan rambut, daun ini juga bermanfaat sebagi penyubur rambut. Cara pengolahannya adalah Cuci bersih beberapa lembar daun urang-aring lalu haluskan. Dengan ditambah 2  gelas air matang, kemudian diremas-remas untuk mendapatkan air perasan lalu disaring. Hasil saringan tersebut diembunkan hingga esok harinya. Sore hari berikutnya setelah mandi, gunakan air teh tersebut untuk membasuh rambut dan kulit kepala sambil dipijit-pijit. Bungkus pakai handuk bersih, diamkan hingga pagi hari dan bilas rambut hingga bersih.

15. Madu

Madu memiliki khasiat sebagai penyubur rambut yaitu merangsang pertumbuhan rambut, dan membuat akar rambut lebih kuat.  Pembuatan ramuannya oleskan madu murni pada rambut, sambil melakukan pijatan lembut di kepala. Usapkan secara merata dan biarkan 15 hingga 20 menit. Sambil menunggu bereaksi, tutup kepala dengan handuk hangat. Setelah 5 menit, bilas rambut dengan air hangat.


Hasil pencarian artikel ini dengan:
» penyubur rambut » ramuan penyubur rambut » tanaman penyubur rambut
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan