Tips Kecantikan & Kesehatan
Apr 6, 2012

Posted by in Tips Perawatan Rambut

Cara Merawat Rambut Tetap Sehat & Tampak Berkilau Alami

Tips Kecantikan Cara Merawat Rambut Tetap Sehat & Tampak Berkilau Alami

Merawat Rambut, memang tak semudah yang kita bayangkan, rambut malah akan menjadi rusak, apabila cara perawatan yang dilakukan salah,  karena jenis & karakter rambut setiap orang  berbeda-beda. Ada orang yang memiliki rambut normal, cenderung kering atau cenderung berminyak.

Kenali dulu jenis rambut anda, agar perawatan yang dilakukan tepat & pilihlah produk yang sesuai dengan karakter rambut anda. Jadi jangan asal memakai produk perawatan rambut sebelum mengenal jenis rambut anda sendiri, karena pemakaian produk yang salah malah akan merusak rambut anda.

Berikut ini tips untuk merawat rambut sesuai jenis rambut anda, agar tetap sehat & tampak berkilau :

1. Rambut Berminyak

Rambut berminyak, bisa terjadi karena factor keturunan, hormon yang tinggi & jarang mencuci rambut sehingga menyebabkan kelebihan minyak di kulit kepala. Untuk rambut berminyak sebaiknya gunakanlah shampoo yang ringan atau pilihlah shampoo yang diformulakan khusus untuk rambut berminyak, atau bisa juga gunakan shampoo bayi  karena shampoo bayi itu formulanya ringan & aman dipakai setiap hari.

Cara merawat rambut untuk mengurangi kelebihan minyak, cucilah rambut setiap hari & bilas dengan air dingin secara menyeluruh. Jangan membilas rambut dengan menggunakan air hangat karena akan membuat kulit kepala semakin berminyak. Bahan alami seperti minyak kelapa atau jojoba bisa digunakan untuk perawatan rambut berminyak. Apabila ingin menggunakan condisioner sebaiknya di bagian ujung rambut saja, hindarilah menggunakan condisioner pada rambut yang berada di dekat akar rambut / kulit kepala. Untuk mengurangi kadar minyak di rambut / kulit kepala, bisa juga menggunakan buah lemon dengan cara mengoleskan perasan air jeruk tsb pada kulit kepala dan rambut.

2. Rambut Kering

Untuk jenis rambut kering dan kusam dibutuhkan condisioner untuk memberikan kelembaban extra pada rambut. Rambut yang kering pasti akan mengganggu penampilan, selain itu rambut yang kering gampang kusut dan susah diatur, atau bahkan rambut bisa mudah patah dan rontok pada saat disisir karena kusut. Untuk anda yang memiliki jenis rambut kering harus diberikan kelembaban ekstra. Untuk merawat rambut dengan jenis rambut ini, anda bisa membuat condisioner sendiri yang mudah dengan cara mencampurkan 2 sendok makan mayonaise dengan satu buah alpukat sampai tekstur avokad terasa lembut. Campuran ini sebaiknya digunakan pada rambut yang agak basah sambil dilakukan pijatan ringan di rambut & kulit kepala. Diamkan bebarapa saat kira-kira selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah secara rutin minimal 2 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang sehat & berkilau alami.

3. Rambut Patah dan Rusak

Rambut yang patah dan rusak, sebaiknya gunakan condisioner yang mengandung banyak pelembab. Hindari melakukan pengeritingan atau pewarnaan rambut sampai rambut dalam kondisi yang baik. Untuk merawat rambut yang patah & rusak, sebaiknya pada saat mencuci rambut gosoklah rambut dan kulit kepala dengan lembut. Bisa juga membuat condisioner sendiri dengan cara mencampur yogurt tawar kemasan kecil, satu butir putih telur, dan satu sendok makan Gunakan secara rutin minimal 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Rambut Yang Sulit Diatur

Merawat rambut dengan tipe ini, memang gampang-gampang susah. Karena selain rambut juga cepat kusut juga agak sulit diatur dan ditata rapi. Sebaiknya anda membuat condisioner sendiri denga cara mencampur air perasan dari satu jeruk lemon, seperempat gelas zaitun dan 2 buah butir telur. Oleskan campuran tersebut pada rambut yang basah dan kulit kepala. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Kandungan minyak zaitun membantu rambut anda jadi tidak mudah kusut dan mudah ditata, nutrisi dari telur dan jeruk membuat rambut lebih bersinar dan sehat. Selain itu campuran bahan-bahan tersebut merangsang pertumbuhan pada rambut. Gunakanlah 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Rambut adalah mahkota bagi setiap orang. Kunci utama memiliki rambut indah adalah selalu menjaga kelembaban alami rambut. Merawat rambut tidaklah mudah, apabila kita tidak bisa memahami dan mengenali jenis rambut kita sendiri. Jadi kenalilah jenis rambut anda sebelum anda melakukan perawatan rambut sehingga kita bisa melakukan perawatan rambut dengan cara yang benar dan tepat.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» google » cara menghaluskan rambut secara alami » perawatan biar rambut cowok lembab dan tidak rontok
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
  1. perawatan rambut kering dengan alpukat,mungkin bagi aku itu sangat susah dilakukan,tapi coba aku jalanin dengan sabar dan penuh keyakinan…

Leave a Reply

Tips Kecantikan