Tips Kecantikan & Kesehatan
Jun 28, 2012

Posted by in Tips Perawatan Kaki

Bagaimana Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Tips Kecantikan Bagaimana Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

kaki pecah-pecah ? Oppss….. Gak lah ya….. Jangan-jangan si dia malah ilfil alias ilang feeling. Penampilan udah ok, tapi kaki mirip parutan kelapa, jadi gak pede kan……..? Selain tak cantik, kaki pecah-pecah juga bisa mengakibatkan rasa tak nyaman, bahkan mungkin terasa sakit.

Masalah seputar kaki ini memang kerap kita alami. Dan penyebab telapak kaki  pecah- pecah ini ada beberapa faktor diantaranya: bisa karena perubahan cuaca yang drastis atau terkena detergent yang kurang cocok saat kita mencuci baju karena kandungan soda dalam detergent yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kaki kehilangan kelembapannya dan mengakibatkan kulit kaki menjadi sangat kering dan akhirnya  pecah-pecah. Faktor usia dan gangguan hormonal bisa juga merupakan salah satu pemicunya. Bertambahnya usia membuat kondisi tubuh kita  mengalami penurunan kualitas, termasuk kaki, sehingga rentan mengalami berbagai permasalahan. Bisa juga karena kekurangan vitamin yang berfungsi untuk meremajakan kulit. Atau sering berjalan di tempat yang kering dan terjal dengan tidak menggunakan alas kaki.

Sebenarnya masalah kaki pecah-pecah  tergolong masalah klasik karena setiap perempuan memiliki resiko yang sama dan itu tergantung bagaimana kita merawatnya. Luangkan waktu sekitar 20-30 menit, rendam kaki dalam wadah berisi air hangat yang telah ditambahkan beberapa tetes desinfektan yang berkadar soda rendah atau garam dapur. Fungsi garam disini terbukti dapat melembutkan sel sel kulit yang mati sehingga memudahkan pada saat kulit kaki yang bermasalah tadi hendak digosok atau disikat.

Gosoklah menggunakan batu apung atau alat penghalus telapak kaki yang biasanya dijual di gerai-gerai kecantikan. Alat ini mampu mengelupaskan bagian kulit yang kering. Dianjurkan setiap malam membersihkan kaki gunakan foot lotion yang mengandung emollient,  atau lidah buaya yang bersifat menyejukkan dan melembabkan. Pada malam hari adalah waktu yang tepat untuk merawat kulit karena saat itulah metabolisme tubuh sedang memperbaiki dan membangun kembali sel-selnya yang telah rusak itu. Hindari bertelanjang kaki di tempat yang lembap atau becek dan usahakan kaki tidak bersentuhan langsung dengan lantai yang dapat menyebabkan kulit kering.

Ada beberapa obat tradisional yang tanpa kita sadari ada di sekitar kita terbukti dapat mengatasi kaki pecah-pecah tersebut diantaranya:

1. Bawang putih

Gosokkan bawang putih yang telah ditumbuk halus pada kaki pecah-pecah. Lebih efektif kalau digunakan  pada malam hari sesudah beraktivitas. Karena ternyata menurut riset, bawang putih memiliki kemampuan untuk meningkatkan proses peremajaan kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati.

2. Kemiri

Ambil kemiri secukupnya kemudian bakar hingga warnanya berubah hitam dan tumbuk hingga halus. Rendam kaki dalam air hangat angkat kemudian keringkan dan oleskan kemiri yang telah dibakar dan ditumbuk halus tadi selama kurang lebih 10 menit. Kemudian basuh dan tiriskan kaki pecah-pecah  tadi.

3. Getah pepaya

Belah sebutir pepaya muda dan tunggu hingga getah pepaya keluar. Gosokkan potongan pepaya pada bagian yang pecah  dan lakukan secara rutin hingga sampai masalah berkurang.

4. Apel

Ambil sebutir apel parut dan tumbuk hingga lembut. Oleskan apel yang sudah ditumbuk pada kaki pecah-pecah. Diamkan selama 15 menit, bersihkan kaki dengan air hangat dan tiriskan dengan handuk sampai kering.

Lupa, kenakan sepatu kulit yang lembut atau berbahan kain yang memungkinkan kaki tetap dapat bernapas. Usahakan jangan menggunakan sepatu tertutup sepanjang waktu. Sesekali lepaskan sepatu agar terjadi pertukaran udara. Pilih sepatu model terbuka, kaki yang tertutup sepanjang hari juga akan memunculkan aroma tak sedap.

Semoga dapat membantu sehingga kita terbebas dari masalah yang kita hadapi dan kita dapat timbul kepercayaan diri kita lagi berteriak “Selamat tinggal kaki pecah-pecah …..!!!!”

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» Obat tradisional kaki pecah pecah » cara merawat kaki » obat tradisional kaki pecah-pecah
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
  1. Mungkin diantara rekan2 ada yang punya masalah seputar kaki pecah-pecah ini dy solusinya…. Semoga dapat membantu……….

  2. Wah bagus juga pengobatan kaki pica-pica (rorombeheun dsj) dengan menggunakan "obat" non kimiawi, tentu tidak efek samping.
    Trims artikelnya … tentu bermanfaat

  3. Daiiant Seftira says:

    baik saya coba ya tipsnya .
    makasih :)

  4. Desi Pricillyani says:

    tipsnya bagus

Leave a Reply

Tips Kecantikan