Tips Kecantikan & Kesehatan
Jan 31, 2014

Posted in Tips Gaya Hidup

Tips Wawancara Kerja Agar Sukses

Tips Kecantikan Tips Wawancara Kerja Agar Sukses

Setiap pelamar kerja pasti akan menghadapi yang namanya wawancara kerja, untuk itu diperlukan banyak persiapan dan beberapa tips wawancara kerja sebelum mengikutinya supaya bisa berjalan dengan lancar. Persiapan tersebut diantaranya adalah persiapan fisik atau penampilan, persiapan mental, persiapan intelektual dan persiapan spiritual. Persiapan spiritual yang dimaksud disini adalah berdo’a kepada Tuhan. Sering kali orang melupakan persiapan yang satu ini, padahal do’a merupakan senjata utama bagi setiap manusia. Jangan lupa berdo’a yang sebanyak-banyaknya sebelum mengikuti sebuah wawancara kerja sehingga Tuhan memberikan hasil yang terbaik.

Berikut beberapa tips wawancara kerja yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti wawancara kerja di suatu perusahaan:

  • Penampilan

Sebelum mengikuti wawancara kerja, sebaiknya persiapkan penampilan dengan sebaik mungkin. Pilihlah baju sehari sebelum mengikuti wawancara kerja, supaya nanti tidak kebingungan lagi dalam memilih baju. Sesuaikan baju atau pakaian dengan bidang pekerjaan yang dipilih. Tapi biasanya secara umum, kita bisa menggunakan pakaian yang terlihat profesional.

Untuk pria, gunakan kemeja dengan warna yang tidak yang mencolok, tapi jangan menggunakan kemeja dengan warna hitam. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesan berkabung. Selain itu gunakan celana kain, dan jangan lupa memakai dasi yang disesuaikan dengan baju. Untuk wanita gunakan baju atau blouse yang simple dengan warna yang tidak mencolok. Selain itu, usahakan jangan terlalu menor dalam memakai make up.

  • Tepat Waktu

Tips wawancara kerja kedua adalah datanglah 20 menit sebelum wawancara kerja dimulai. Datang lebih awal akan membuat anda terlihat profesional dan dapat mengurangi ketegangan. Biasanya kalau datang terlambat akan membuat anda menjadi tegang dan konsentrasi menjadi hilang. Usahakan jangan sampai terlambat, kalaupun terpaksa terlambat karena ada gangguan segera hubungi pihak perusahaan yang akan melakukan wawancara.

  • Bahasa Tubuh

Tips wawancara ketiga adalah saat memasuki ruangan wawancara, langsunglah berjalan lurus menuju pewawancara kerja, jangan menoleh kenanan dan kekiri untuk melihat ruangan. Saat berjabat tangan dengan pewawancara kerja, lakukanlah sambil tersenyum dan menatap matanya. Jabatlah tangannya dengan erat, tidak terlalu keras namun jangan juga terlalu lemas. Jabat tangan yang erat ini menunjukkan kalau anda mempunyai sifat optimis. Hal lain yang tidak kalah penting adalah jangan duduk dulu sebelum dipersilahkan duduk oleh pewawancara, jangan pernah memasukkan tangan ke saku, dan jangan pernah menyilangkan tangan di dada.

Tips Kecantikan
  • Kontak Mata

Tips wawancara kerja keempat adalah saat wawancara dimulai jangan pernah mengalihkan pandangan dari pewawancara. Usahakan untuk selalu fokus kepada pewawancara. Mata merupakan cerminan hati, jadi usahakan untuk membuat tatapan mata menjadi terlihat percaya diri dan berfikir positif. Tunjukkan antusiasme terhadap perusahaan.

  • Bahasa

Tips wawancara kerja berikutnya adalah selalu gunakan bahasa formal, jangan memakai bahasa gaul kecuali jika memang anda diwawancarai untuk menguasai bahasa gaul tersebut.

  • Cari Tahu Tentang Perusahaan yang dilamar

Tips wawancara kerja yang keenam adalah sebelum anda melamar sebuah pekerjaan, pastikan anda mengetahui informasi sebanyak-sebanyaknya mengenai perusahaan tersebut, posisi apa yang anda lamar. Hal ini akan memudahkan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam wawancara. Biasanya pewawancara akan menanyakan mengapa tertarik malamar di perusahaan tersebut, pengetahuan anda mengenai posisi yang dilamar, dan seputar pengetahuan anda mengenai perusahaan tersebut.

  • Seusai Wawancara

Tips wawancara kerja yang terakhir adalah sebelum anda meninggalkan ruangan, tanyakan kepada pihak pewawancara kapan anda akan dihubungi untuk tahap selanjutnya. Hal ini perlu dilakukan supaya anda tidak cemas dalam menunggu hasil dari wawancara tersebut.

Demikian beberapa tips wawancara kerja yang bisa saya berikan, jangan pernah merehmehkan pertanyaan sekecil apapun dan semoga sukses.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» doa sebelum interview » doa sebelum interview kerja » tips agar interview lancar
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
  1. Terima kasih info ini sangat bermanfaat untuk saya

Tips Kecantikan
build_links(); ?>