Tips Kecantikan & Kesehatan
Jun 30, 2012

Posted by in Tips Gaya Hidup

Tips Percaya Diri Untuk Membangun Pribadi Yang Menarik

Tips Kecantikan Tips Percaya Diri Untuk Membangun Pribadi Yang Menarik

tips percaya diri – Nampaknya, ada beberapa diantara kita sudah terlahir dengan rasa percaya diri, dan sisanya harus belajar tentang tips percaya diri dan berusaha mempraktekannya. Mari lihat salah satu kata-kata motivasi ini sebagai tips percaya diri yang pertama, yang mudah-mudahan bisa menginspirasi dan membangun rasa percaya diri sebuah pribadi.

Dikatakan bahwa: “rasa percaya diri adalah kunci ke alam semesta – Carrol Wrackley”. Pesona diri bisa ditumbuhkan dan diciptakan dengan energi positif yang ada. Rasa percaya diri yang rendah bisa merusak citra diri dan seringkali dimanifestasikan sebagai sifat negatif. Sedang bagi orang-orang yang mempunyai rasa percaya diri kuat, secara umum lebih positif baik tingkah laku dan citranya. Mereka percaya pada diri sendiri, kemampuannya, dan hidup dengan bahagia dan semaksimal mungkin.

Tips percaya diri, yang akan di share ini, berkaitan dengan membangun suatu pribadi yang lebih baik dan menarik. Karena rasa percaya diri yang kuat akan merefleksikan image dan penjabaran ke umum siapa anda dan bagaimana anda.

10 Tips Percaya Diri Untuk Pribadi Yang Menarik

1. Tersenyum

Tips percaya diri yang pertama ini amat ampuh utk dipraktekkan ketika anda merasa grogi dan tidak nyaman! Tersenyum tidak hanya untuk ketika anda sedang bahagia, tetapi juga untuk membuat anda “merasa” lebih baik dari situasi dan kondisi sebelumnya. Aksi tersenyum ini selalu membawa aura positif dan hampir tidak mungkin malah merasa negatif ketika sedang melakukannya. Kenapa? Karena tersenyum mengeluarkan endorphins rasa senang, meningkatkan sirkulasi di wajah, dan anda juga terlihat percaya diri di muka umum. Sooooooo….smile everyone!

2. Sesering mungkin melakukan “eye-contact”

Tips percaya diri yang ke dua ini, sama halnya dengan tersenyum, adalah beradu pandangan “eye-contact” dengan orang lain dalam suatu ruangan/lingkungan. Beri mereka senyuman dan hampir dipastikan anda akan mendapatkan lagi dari mereka. Tersenyum pada seseorang adalah booster bagi rasa percaya diri yang kuat. Ditambah dengan melakukan adu pandang, akan menunjukkan kepada orang lain bahwa anda adalah orang yang percaya diri. Ke-2 tips percaya diri ini berguna sekali di lingkungan seperti kantor, sedang di interview, sedang melakukan presentasi, atau hubungan personal. Adu pandang juga membantu untuk mendapatkan atensi dari audience.

3. Mantapkan vokal suara

Tips percaya diri berikut ini gampang-gampang susah. Kebanyakan kita memiliki suara yang kritis, menunjukkan kalau kita terlihat bodoh, tidak cukup baik, terlalu gemuk, suara si kurus, si berisik, si pendiam…setuju? Nah, mampu merubah kharakter suara merupakan kunci  rasa percaya diri. Sepertinya tips percaya diri yang ini agak janggal ya? Coba deh inget-inget lagi, pernah bertemu situasi dan kondisi seperti ini? Coba deh praktek untuk mengeluarkan suara yang lebih mantap, bulat, berkharakter dan bersahabat yang bisa menampilkan bakat, keinginan, dan percaya diri anda.

4. Lupakan standar yang dibuat orang lain

Apapun kondisi yang sedang anda hadapi yang mengakibatkan anda krisis percaya diri, satu-satunya pertolongan bagi diri sendiri adalah yakin pada diri sendiri dan standar yang anda punya. Masing-masing orang punya standar dan harga sendiri yang berbeda dengan diri kita, dan sehebat apapun usaha anda, anda tidak akan pernah bisa memuaskan setiap orang! Jangan terlalu perdulikan apa yang dipikiran orang lain, beda lingkungan dan situasi, berbeda-beda pula standarnya. Mungkin yang bisa dipertimbangkan adalah standar moral seperti apa yang bisa dan tidak untuk diterima. Selebihnya, jadilah diri anda sendiri dengan standar yang anda punya dan percaya.

5. Beri penampilan terbaik anda!

Walaupun anda punya semenit dua menit untuk berdandan, usahakan bersih-bersih sebentar, sisir rambut, basuh wajah anda, retouched make-up anda, cek gigi anda tidak ada sisa makanan yang terselip, dan lain sebagainya. Merasa yakin terhadap penampilan diri akan memberi rasa percaya diri yang berbeda disbanding merasa khawatir terus tentang bagaimana imajinasi tampilan anda ke umum. Walaupun tidak ada yang meragukan bahwa pribadi seseorang lebih diperhitungkan, tetapi tetap penampilan fisik memberikan kesan pertama.

6. Sempatkan berdoa atau melakukan meditasi singkat

Tips percaya diri berikutnya, jika anda percaya terhadap kekuatan tertinggi atau Illahi, itu adalah booster utama untuk membentuk rasa percaya diri anda! Lakukan meditasi atau berdoa lah! Hal ini membuat anda mundur selangkah dari kondisi anda pada saat itu untuk melihat suatu gambaran yang lebih luas dan mendapatkan pertolongan dari kekuatan Illahi bagi pribadi anda.

7. Reframe atau pengandaian

Jika sesuatu yang tidak terduga terjadi, biasanya ini adalah factor yang paling mudah menggoyahkan rasa percaya diri anda. Misal anda menumpahkan minuman pada seseorang, atau dating terlambat pada suatu meeting besar karena maslah lalu lintas, dan sebagainya….coba lakukan “reframe” atau pengandaian atau pengulangan situasi dan liat secara positif dan lebih terang, bahwa hal tersebut masih bisa dimaklumi. Dengan tersenyum, meminta maaf, melakukan kontak mata, rasanya tidak terlalu berat apalagi meruntuhkan rasa percaya diri anda. Terkadang nilai negatif terjadi karena diri anda sendiri yang memberinya. Coba praktekan deh tips percaya diri ini.

8. Temukan langkah selanjutnya

Tips percaya diri berikut ini adalah menjaga rasa percaya diri anda agar tetap di tempatnya dengan melakukan langkah-langkah teratur ke depan daripada hanya terpaku di satu kondisi saja. Jika tidak yakin apa yang harus dilakukan, cari satu langkah mudah yang bisa dikembangkan. Misal setelah menebar senyum anda yang manis dan simpatik, anda melakukan kontak mata kepada orang-orang tertentu, kemudian mengenalkan diri anda, membuka suatu topic sederhana untuk memecahkan kekakuan dalam suatu meeting, misalnya, atau bertanya hal-hal simpel pada interviewer anda untuk menunjukkan pengetahuan anda tentang bisnis mereka, dan sebagainya. Terus lah maju hingga mencapai tujuan anda, koreksi bisa dilakukan setelah itu.

9. Bicaralah secara perlahan dan teratur

Tips percaya diri yang kelihatannya mudah tetapi bisa memberi efek percaya diri yang kuat, adalah berbicara secara perlahan! Jika anda berbicara cepat dan terburu-buru, anda pada akhirnya akan merasa tidak enak sendiri karena anda tidak yakin apakah sudah menyampaikan ide dan maksud yang jelas dan sampai tujuan kepada lawan bicara anda atau audience anda. Selain itu berbicara secara perlahan, memberi kesempatan anda untuk berpikir apalagi yang akan disampaikan berikutnya. Seseorang dengan kewenangan tertentu biasanya akan berbicara perlahan dan teratur. Itu menunjukkan yang bersangkutan memiliki rasa percaya diri yang kuat.

10. Berpartisipasi dan melakukan kontribusi

Tips percaya diri terakhir adalah: Pernah kah anda sama sekali diam, tidak mengeluarkan sepatah katapun mis dalam kelas di kampus dulu? Atau dalam suatu meeting? Atau ketika sedang kumpul-kumpul dengan beberapa teman? Yang lain ngobrol dengan riuh sedang anda suma diam dan “bengong” saja? Kesempatannya yang seharusnya dimanfaatkan adalah: bagaimana pun situasinya, anda harus berusaha untuk ‘tampil’ dengan melakukan partisipasi dan kontribusi! Dengan berusaha untuk berbicara paling tidak sesekali saja, anda akan menjadi ‘pede’ di muka umum, percaya diri atas pikiran anda sendiri, dan dikenal sebagai leader bagi lingkungan anda sendiri.

Nah, 10 tips percaya diri di atas sepertinya mudah, tapiiiiiiiiiiiiii….. dalam prakteknya sih menurut saya ga mudah-mudah amat, kecuali mau mempraktekannya. Karena, rasa percaya diri itu tidak di dapat dalam semalam saja. Contoh orang yang paling ‘pede’ menurut saya adalah Mario Teguh, yang yakin beliau dapatkan itu karena pengalaman, bukan karena kursus sehari gambar icon biggrin Jadi…. Siap menghadapi dunia? Siap dong, and don’t forget to smile ya… Give the world your best smile ever!

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» tips percaya diri mario teguh » belajar melakukan eye contact » tips meningatkan keprcayaan diri ala mario trguh
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan