Tips Kecantikan & Kesehatan
Feb 8, 2014

Posted in Tips Gaya Hidup

Tips Merawat Laptop Agar Awet

Tips Kecantikan Tips Merawat Laptop Agar Awet

Tips Merawat Laptop – Laptop atau Notebook saat ini memang menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Fungsinya yang lengkap layaknya sebuah PC Komputer dan citranya sebagai komputer praktis banyak membuat orang untuk memilih laptop daripada PC Komputer.

Tetapi tahukah anda bahwa perawatan laptop ternyata sama rumitnya dengan PC. banyak jenis laptop yang umurnya tidak tahan lama bukan karena kualitasnya yang buruk, namun disebabkan oleh perawatan yang kurang baik. Perawatan laptop tidaklah memerlukan keahlian khusus, cukup dengan konsistensi maka laptop anda sudah bisa bertahan lama.

Berikut ini adalah tips merawat laptop. Selamat membaca.

1. Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk.

Meletakkan laptop anda di kasur atau di sofa sehingga permukaan laptop anda tenggelam sangatlah berbahaya, laptop akan menjadi cepat panas dan sirkulasi udaranya tidak berjalan dengan baik sehingga berdampak buruk pada komponen-komponen internal laptop anda.

2. Jauhkan dari radiasi elektromagnetik.

Sumber utamanya adalah handphone Anda. Dianjurkan untuk tidak meletakkan handphone diatas laptop Anda. Karena saat ada panggilan maupun SMS, radiasi elektromagnetik HP meningkat dan akan merusak chip dalam laptop yang sangat sensitif dengan radiasi elektromagnetik. Dalam waktu yang lama, radiasi HP diatas laptop akan menimbulkan kerusakan pada keyboard.

3. Pakailah kipas pendingin (cooling pad)

Selalu gunakan kipas pendingin laptop, karena panas yang berlebihan akibat penggunaan yang sangat lama akan menurunkan daya tahan komponen laptop sehingga akan mudah rusak.

4. Hindarkan laptop dari sinar matahari langsung.

Laptop termasuk perangkat yang sangat peka terhadap paparan sinar matahari secara langsung. Menurut survei, kerusakan laptop yang paling umum terjadi pada harddisk dan LCD display/layar.

Kerusakan harddisk diakibatkan benturan atau terjatuh dan Kerusakan LCD biasanya karena terpapar sinar matahari dan tekanan fisik. Jika anda ingin menyimpan laptop dalam waktu lama, maka gunakanlah Silica gel. Silica gel ini merupakan bahan kimia yg bersifat Higroskopis yang sangat berguna untuk menyerap uap air atau kelembapan.

5. Gunakanlah screen protector.

Saat ini ada dua teknologi yang digunakan untuk memproduksi layar atau monitor laptop yaitu LCD dan LED, Berbeda dengan penggunaan laptop yang menggunakan teknologi LED (Light Emiting Dioda), laptop yang menggunakan layar dari LCD (Liquid Crystal Display) cenderung lebih rentah terhadap kerusakan, agar layar laptop anda yang menggunakan LCD lebih awet dan tahan lama gunakanlah screen protector.

6. Perhatikan Hardware Laptop anda.

Yang tidak kalah pentingnya pada cara merawat laptop yang baik dan benar adalah perawatan hardware dari laptop itu sendiri. Hardware laptop yang terdiri dari processor, memory dan harddisk harus dipastikan aman dari overheat atau panas berlebihan.

Bagi anda yang ingn membeli sebuah laptop yang baru pastikan anda periksa dulu sistem pendingin pada lapto yang hendak anda beli, pastikan sirkulasi angin yang memadai dari kipas yang ada di laptop mampu membuat hardware laptop tetap berada pada suhu yang normal.

7. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet.

Scan file menggunakan antivirus yang kompeten untuk memastikan software dari internet yang anda download aman dari virus.

Tips Kecantikan

Itulah beberapa tips merawat laptop bagi anda. semoga bermanfaat.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» fungsi kipas laptop » manfaat kipas laptop » manfaat kipas angin lap
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>