Tips Kecantikan & Kesehatan
Jun 18, 2017

Posted in Seputar Anak

Macam – Macam Kecerdasan Anak

Tips Kecantikan

Jika selama ini para orang tua menganggap kecerdasan anak hanya diukur dari nilai-nilai bagus disekolahnya, itu merupakan pola pikir orang tua yang masih sangat konvensional.

Karena menurut Prof. Howard Gardner seorang pendidik dan peniliti dari Harvard University Amerika Serikat kecerdasan anak bukan hanya dari IQ (Intelligences Quotient) tetapi juga kecerdasan EQ (Emotional Quotient) inilah yang disebut dengan Multiple Quotient (kecerdasan Ganda).

Sekarang mari kita ketahui  apa saja yang dimaksud dengan Kecerdasan Ganda (Multiple Quotient)

1. Kecerdasan Logika Matematika

Merupakan kecerdasan anak dalam hal mengolah angka dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan logika . kecerdasan ini yang sebagian besar membawa keberhasilan sang anak menjadi insinyur, profesor, ahli teknik, dll.

2. Kecerdasan Bahasa/Verbal Linguistik

Merupakan kecerdasan anak dalam menggunakan bahasa dan daya ingat dalam menghafal nama-nama dan urutan peristiwa.  Biasanya anak dalam kecerdasan bahasa ini lebih cepat belajar bahasa yang baru dipelajarinya. Anak- anak yang memiliki kecerdasan bahasa seperti ini akan membawa sang anak pada profesi presenter, pengarang, penyair, dll.

3. Kecerdasan Musikal

Merupakan kecerdasaan anak dalam mendengarkan suara-suara disekelilingnya terutama nada dan irama. Anak-anak ini biasanya mempunyai hobi menyanyi dan memainkan alat musik. Kecerdasan musikal ini yang membawa sang anak pada profesi penyanyi, komposer, pemain band, dll.

4. Kecerdasan Visual Spasial

Merupakan kecerdasan anak dalam hal tata ruang dan mempunyai imajinasi tiga dimensi yang tinggi. Anak dengan kecerdasan visual spasial ini biasanya menjadi desainer, arsitek, pelukis dan profesi lain yang berhubungan dengan seni visual.

5. Kecerdasan Kinestetik/gerak tubuh

Merupakan kecerdasan anak dalam menggunakan seluruh tubuhnya untuk memecahkan masalah, biasanya anak dengan kecerdasan ini unggul dalam bidang olahraga dan seni. Anak-anak dengan kecerdasan kinestetik akan berprofesi sebagai altet atau penari,dll.

Tips Kecantikan

6. Kecerdasan interpersonal

Merupakan kecerdasan anak dalam berkomunikasi dengan teman sebaya juga kepekaan terhadap perasaan orang lain. Kecerdasan interpersonal juga disebut kecerdasan sosial. Sang anak biasanya mudah untuk berteman juga menghadapi perselisihan antara teman. Dengan kecerdasan sosial, sang anak bisa menjadi public relation, pemimpin organisasi, dll.

7. Kecerdasan intrapersonal

Merupakan kecerdasan dalam mengenali diri sendiri. Biasanya anak akan sering mengintrospeksi, dan mempunyai ketahanan dari keadaan down yang sering terjadi pada anak yang tidak memiliki kecerdasan ini. Anak cerdas intrapersonal bisa menjadi seorang filsafat dan seniman.

8. Kecerdasan Natural

Merupakan kecerdasan anak kepada tingkat kepekaan terhadap alam. Anak biasanya suka mengeksplor diri terhadap alam, anak dengan kecerdasan ini saat dewasa bisa menjadi, geologi,pecinta alam,  ahli astronomi, dll.

Dengan adanya Multiple Quotient, diharapkan para orang tua tidak hanya mengukur kecerdasan  anak hanya dari hasil IQ saja, melainkan juga EQ sang anak, karena keseimbangan keduanya sangatlah penting untuk membimbing anak menjadi anak yang sempurna. Semoga bermanfaat.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>