Tips Kecantikan & Kesehatan
Feb 16, 2014

Posted in Seputar Anak

Cara Mendidik Anak Dengan Contoh Yang Baik

Tips Kecantikan

Anak adalah salah satu rejeki yang Allah SWT kasih kepada kita. Dengan adanya anak bisa membuat kita tertawa bahagia, walaupun juga bisa membuat kita menangis sedih, yang pasti dengan adanya anak hidup kita jadi penuh dengan warna. Agar warna hidup kita enak dilihat maka mulailah dengan cara mendidik anak yang baik.

Anak saat terlahir seperti gelas yang tidak ada isinya kosong dan bersih, tinggal kita sebagai orang tua mau  membuat anak itu seperti apa, apakah gelas kosong itu akan kita isi dengan air putih, atau dengan sirop berwarna merah, atau kita isi dengan pasir yang hitam, semua tergantung kita sebagai orang tuanya untuk membuat anak menjadi apa dalam proses pertumbuhannya. Semua tergantung dari cara kita mendidik anak .

Cara mendidik anak yang paling efektif adalah dengan memberi contoh yang baik atau kalau kita sering dengar ustad suka ngomong”beri tauladan yang baik pada anakmu”, itu memang benar, karena memberi contoh hasilnya lebih cepat diserap oleh pikiran anak daripada kita hanya memberi kata-kata nasehat tanpa adanya implementasi ke prilaku kita. Perlu diingat anak adalah peniru yang paling pintar, artinya dari kecil anak akan meniru perilaku orang yang ada di sekitarnya. Cara mendidik anak memang harus sudah direncanakan dengan baik, jadi kita tahu ke arah mana kita akan membawa anak kita ke depannya.

Tips Kecantikan

Cara mendidik anak dengan contoh yang baik antara lain:

1. Mendidik anak disiplin

Mendidik anak disiplin caranya dengan memberi contoh kedisiplinan, salah satunya bila kita ingin anak kita bangun pagi pukul 5 pagi, maka kita harus juga memberi contoh kita bangun sebelum pukul 5 pagi agar anak dapat melihat bahwa kita sebagi orang tuanya melakukan kedisiplinan yang sama dalam hidup.

2. Mendidik anak mandiri

Mendidik anak mandiri, artinya semua pekerjaan dilakukan sendiri tapi hasilnya baik, itu juga yang kita contohkan, anak membereskan semua persiapan sekolah untuk besok pagi sendiri mulai dari buku sampai ke perlengkapan pakaiannya, kitapun memberikan contoh yang sama.

3. Mendidik anak bertanggungjawab

Mendidik anak bertanggungjawab caranya dengan memberikan tugas yang setiap hari harus dia lakukan, contohnya membuang sampah setiap sore hari, tapi kita juga mempunyai tugas lain yang harus kita lakukan, sehingga anak melihat kita melakukan tugas kita, merekapun akan bertanggung jawab melakukan tugasnya

4. Mendidik anak menghargai orang lain

Mendidik anak menghargai orang lain caranya dengan memberi contoh kita sebagai orang tuanya menghargai orang lain juga, contohnya ya kita menghargai mereka sebagai anak kita, menghargai pendapat mereka walaupun mereka anak kita.

5. Mendidik anak sopan-santun

Mendidik anak sopan santun, anak akan otomatis sopan santun jika kita orang tuanya sopan santun juga, karena perilaku kita yang dilihat anak setiap hari itulah yang akan dia contoh, kita orang tuanya sopan insha allah anak kitapun akan sopan.

Itu hanyalah contoh mendidik anak dengan memberi contoh yang baik, saya pernah mencoba menggabungkan kedisiplinan, mandiri dan tanggung jawab menjadi satu saat saya mendidik anak untuk sholat.

Saya selalu menerapkan ke anak:

  1. bila terdengar adzan, sholat menjadi no.1 yang lainnya harus ditinggalkan (disiplin waktu)
  2. bila terdengar adzan langsung wudhu dan sholat, karena sholat perintah wajib dari Allah SWT (tanggung jawab)
  3. bila terdengar adzan, sholatlah dimanapun kamu berada walaupun tidak ada bunda (mandiri)

Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar karena saya selalu memberi contoh sesuai dengan yang saya katakan kepada mereka dan hasilnya alhamdulillah baik, jadi cara mendidik anak, beri dulu contoh yang baik, maka insha allah mereka akan jadi anak yang baik.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>