Tips Kecantikan & Kesehatan
Aug 13, 2017

Posted in Keluarga

Pengertian Keluarga Sakinah yang Dapat Anda Mengerti dan Fahami

Tips Kecantikan

Arti keluarga secara umum menurut Duval dan Logan (1986) adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya, dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga. Lalu bagaimana dengan Pengertian Keluarga Sakinah?

Sebelum mengetahui pengertian dari keluarga sakinah, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari kata “sakinah” terlebih dahulu. Dalam bahasa Arab kata sakinah berarti tenang, terhormat, aman, merasa dilindungi, penuh kasih sayang, mantap dan memperoleh pembelaan.

Selain itu ada juga pengertian sakinah menurut beberapa ahli.

Pertama, menurut Zaitunah Subhan (2004) kata sakinah mempunyai arti ketenangan dan ketentraman jiwa.

Kedua, menurut Rasyid Ridla sakinah adalah sikap jiwa yang timbul dari suasana ketenangan dan merupakan lawan dari goncangan batin dan kekalutan.

Yang ketiga, menurut Al Isfahan sakinah adalah tidak gentar dalam menghadapi sesuatu. Kata sakinah sendiri berasal dari al-Qur’an surat 30:21 yaitu “litaskunu ilaiha” artinya bahwa Allah SWT telah menciptakan perjodohan bagi manusia agar yang satu merasa tenteram terhadap yang lain.

Tips Kecantikan

Untuk menjadi keluarga sakinah, suatu keluarga harus mempunyai unsur-unsur berikut:

1. Mawaddah dan Rahmah

Mawadah adalah cinta yang membara dan rahmah adalah cinta yang lembut. Keluarga sakinah pasti mencintai dan menayangi satu sama lain antar anggota keluarganya.

2. Saling pengertian

Hubungan antara suami dan istri harus dilandasi kata saling membutuhkan dan saling menjaga. Sebaiknya sebagai keluarga bisa saling menjaga nama baik anggota keluarganya dengan tidak membcarakan kejelekan-kejelekan keluarga.

3. Memiliki kecenderungan kepada agama

Dalam hal ini suami istri dan anggota keluarga harus saling mengingatkan tentang agama terutama kewajiban beribadah dan berakhlak baik.

4. Saling menghormati

Keluarga dapat dikatakan keluarga sakinah juga ketika yang muda menghormati yang tua dan yang tua menghargai yang muda.

Dari semua penjelasan di atas kita dapat menyimpulkan sendiri bahwa Pengertian Keluarga Sakinah adalah keluarga yang bahagia atau keluarga yang semua anggota keluaganya merasakan cinta kasih, keamanan, ketentraman, keberkahan, dihargai, dihormati, dipercayai dan dirahmati oleh Allah SWT.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>