Tips Kecantikan & Kesehatan
Mar 26, 2017

Posted in Keluarga

Menyiasati Pembantu Mudik

Tips Kecantikan Menyiasati Pembantu Mudik

Hal yang paling dicemaskan oleh hampir semua ibu rumah tangga adalah pada saat pembantu / baby sitter mudik. Apalagi bila ayah dan ibu keduanya kerja kantoran. Wah….terbayang menumpuknya pekerjaan yang harus dikerjakan.Tetapi sebetulnya semua itu tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Berikut beberapa tips untuk menghadapinya :

1. Hadapi dengan senyum

Pembantu mudik itu hal biasa setiap lebaran, sehingga sudah semestinya majikan memaklumi. Hadapi dengan senyum hasilnya akan baik. Hal ini akan membuat kita jauh dari cemas dan stress.

Tips Kecantikan

2. Berbagi tugas

Libatkan seluruh anggota keluarga dalam semua pekerjaan rumah. Hal ini juga berguna untuk melatih  anak dan anggota keluarga untuk mandiri dan tidak tergantung pada pembantu. Misal si ayah kebagian tugas untuk mencuci mobil dan menyiram tanaman, kakak menyapu dan mengepel lantai dan si adik yang masih kecil diberi tanggung jawab untuk selalu membereskan mainannya bila sudah selesai bermain. Nah ibu sudah pasti kebagian memasak , mencuci dan menyetrika. Apabila Ayah dan Ibu keduanya bekerja kantoran, tentunya keduanya sudah lelah bekerja, karena itu harus disadari apabila seluruh pekerjaan selesai dengan tidak sempurna, jangan saling memarahi. Semua bisa dikomunikasikan dengan baik.

3. Fokus pada pekerjaan harian

Selama pembantu mudik, tidak semua pekerjaan harus dilakukan. Ada beberapa pekerjaan yang bisa ditunda sampai pembantu pulang dari mudik. Misalnya menyetrika atau mencuci gordin. Namun jangan lupa rapikan pakaian yang belum disetrika tersebut dalam keranjang, tidak asal menumpuk saja, ini akan membuat kita stress juga melihatnya. Fokuskan pada pekerjaan harian seperti memasak, mencuci dan mengepel lantai. Mengepel lantai pun bisa diatur, misal biasanya 2x sehari, cukup 1x sehari saja.

4. Mohon bantuan keluarga dekat

Beruntung bila kita punya keluarga dekat yang tinggalnya pun dekat dengan kita. Tidak ada salahnya kita metitipkan anak kita / bayi kita kepada mereka, karena menitipkan kepada keluarga dekat lebih aman dibanding dengan tetangga.

5. Menyimpan stok belanjaan

Untuk ibu yang sibuk bekerja, ada baiknya siapkan belanjaan makanan untuk 1 atau 2 minggu. Apalabila ibu tidak sempat memasak sendiri, bisa memanfaatkan jasa catering atau Delivery Order. Tapi jangan melulu Junk Food, terlalu banyak Junk Food tidak baik untuk kesehatan. Memilih catering juga perlu hati-hati, pilihlah catering yang bersih dan yang lebih penting bebas dari MSG.

6. Cari pembantu pengganti (inval)

Bila tidak memungkinkan mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga sendiri, carilah pembantu pengganti. Memang biayanya sedikit agak mahal, namun perlu ekstra hati-hati juga memilihnya, terlebih jika ada si kecil yang harus dirawatnya.

7. Atur kepulangan pembantu

Jika pembantu lebih dari satu, atur kepulangan mereka. Berikan bonus lebih kepada pembantu yang tidak pulang pada saat lebaran, itu merupakan penghargaan buat mereka atas pengorbanannya untuk tidak berkumpul dengan keluarga di kampung dan tetap memilih bekerja di rumah anda.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>