Tips Kecantikan & Kesehatan
Apr 12, 2017

Posted in Tips Gaya Hidup

Gaya Hidup Sehat Dengan Aromaterapi

Tips Kecantikan Gaya Hidup Sehat Dengan Aromaterapi

Dari sekian banyak alternatif gaya hidup sehat yang dipilih orang saat ini terutama untuk menstimulasi mood adalah aromaterapi.

Jenis aromaterapi yang sering kita jumpai di shopping mall adalah yang berbentuk stik atau dupa (insence stick dan insence cone), lilin maupun cairan atau minyak esensial. Sayangnya, tidak semua minyak esensial itu betul-betul minyak murni. Ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis aromaterapi beserta bahan baku pembuatnya agar tepat penggunaan sehingga hasilnya pun maksimal sesuai dengan gaya hidup sehat yang kita inginkan.

Bahan Dasar Aromaterapi – Gaya Hidup Sehat

Minyak esensial adalah bahan dasar pembuatan aromaterapi. Minyak tersebut diperoleh dari tanaman yang mengandung khasiat menyembuhkan kemudian diolah dengan cara distilasi atau proses pemanasan benda padat atau cair menjadi uap air. Ada 3 kelas hasil distilasi berdasarkan kualitas;

Grade I adalah yang terbaik. Hasil pertama distilasi ini yang paling baik dan paling murni. Makin ke bawah Grade-nya makin besar dan kualitasnya pun makin turun,

Grade I dan II, umumnya dipakai untuk pemijatan,

Grade III biasanya dipakai sebagai campuran aromaterapi –itupun hanya dipakai beberapa tetes saja.

Jenis Aromaterapi – Gaya Hidup Sehat

Relatif harganya lebih murah dibandingkan aromaterapi dalam bentuk lilin apalagi minyak. Karena dupa dibuat dari bubuk akar yang dicampur dengan minyak esesial grade III.

Cara pemakaian dengan dibakar sehingga relatif mengganggu bagi orang yang mempunyai masalah kesehatan dengan saluran pernafasan seperti sinusitis dan batuk pilek. Akibatnya orang yang menghirup aroma tersebut akan merasa sesak nafas atau mata berair.

Karenanya tidak disarankan untuk membakar dupa ketika sedang beryoga karena yoga pada dasarnya adalah aktivitas olah pernafasan.

Pilihan aromaterapi lilin relatif terbatas. Pilihan umumnya sandalwood atau lavender. Hal itu disebabkan minyak esensial tertentu sulit membeku. Bahan baku minyak esensial tersebut kemudian dicampur dengan minyak esesial grade III.

Untuk mengetahui baik buruknya lilin aromaterapi, cara sederhananya dengan coba membakarnya sebelum pembelian. Jika asapnya tidak hitam dan tidak mudah meleleh, maka Anda sudah menemukan lilin aromaterapi dengan kualitas yang baik.

Tips Kecantikan

Karena sifatnya yang cair maka aroma minyak esensial baru akan diperoleh melalui proses pemanasan. Pemanasan dilakukan dengan media yang dikenal sebagai burner; baik yang terbuat dari keramik atau dari listrik.

Yang harus diperhatikan dari pemilihan burner adalah bentuk cawan atau cekungan dalam burner. Makin cekung, makin baik aroma yang dihasilkan. Takaran yang pas adalah ¾ mangkuk air cawan dicampur dengan 4-6 tetes minyak esensial. Cawan dalam burner listrik relatif rata karena media ini tidak memerlukan air sama sekali. Dengan takaran yang tepat, kita akan menikmati aromaterapi dari minyak esensial selama +/- 2 jam. Dan hanya 15 menit saja jika tanpa air sama sekali. Waspadai jika timbul asap berwarna hitam itu berarti api sudah menjilat keramik sebab medai air sudah habis. Ciri khas minyak esensial yang bagus selain dari harga (berlaku “ada rupa, ada harga”), juga mencantumkan cara penggunaan dan kontraindikasi di kemasannya. Orang-orang yang rentan terhadap kontraindikasi adalah bayi, wanita hamil, penderita hipertensi, epilepsi dan hipotensi.

Hal-hal Lain Yang Harus Diperhatikan – Gaya Hidup Sehat

  • Pilih minyak esensial dalam kemasan botol kaca berwarna gelap –bukan putih bening- agar tidak mudah menyerap panas.
  • Letakkan dalam boks dan dijauhkan dari panas matahari. Karena panas bisa mematikan unsur-unsur ‘hidup’ di dalamnya.
  • Tutup botol rapat-rapat karena minyak esensial murni mudah menguap.
  • Minyak esensial murni tidak mengenal masa kadaluwarsa meski termasuk Grade III. Kalaupun ada yang mencantumkan itu karena persyaratan Departement Kesehatan dan tertulis 5 tahun setelah tanggal pembuatan.
  • Sandalwood dan jasmine termasuk kategori minyak yang mempunyai unsur ‘hidup’ di mana makin tua harganya pun semakin mahal.

Pilih Wewangian Favorit Lagi Menyehatkan – Gaya Hidup Sehat

  1. Vanilla memberi rasa nyaman
  2. Geranium menyeimbangkan mood
  3. Peppermint mengurangi rasa lelah
  4. Lavender menenangkan, ampuh juga mengusir nyamuk
  5. Mandarin memancing rasa kantuk
  6. Sandalwood menenangkan hati
  7. Rosemary menyegarkan tubuh dan piliran
  8. May chang meningkatkan mood
  9. Jasmine meningkatkan keseimbangan
  10. Lemon memicu semangat

Jadi, apa pilihan aromaterapi untuk gaya hidup sehat anda?

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» untuk aromaterapi yang bagus apakah pake listrik atau lilin
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>